Elang Gunung (Blyth’s Hawk-Eagle)

Burung Elang Gunung atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Blyth’s Hawk-Eagle ini merupakan spesies burung Elang yang memiliki ukuran agak kecil,yaitu sekitar 52 cm. Berwarna hitam dan putih. Jambul panjang, ekor bergaris lebar. Dada bercoret-coret memanjang, perut bergaris melintang rapat, nyaris hitam pada beberapa individu.

Tenggorokan putih dengan strip hitam di tengahnya. Bagian bawah bergaris tebal, terdapat satu garis putih lebar pada ekor yang hitam. Pada burung yang berusia remaja,bagian atas coklat dan bersisik kuning tua, kepala berwarna pucat, bagian bawah kuning tua bergaris coklat, ekor bergaris-garis. Iris kuning, paruh abu-abu, dan kaki kuning.
Elang Gunung (Blyth’s Hawk-Eagle)

Penyebaran burung ini  dapat dijumpai di kawasan Semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Kemungkinan tersebar luas di Sumatra dan Kalimantan. Habitat alaminya berada di hutan primer, hutan tebangan, pinggir hutan, perbukitan, dan pegunungan dengan rentang ketinggian 300-1200 m.

Kebiasaan burung ini sering dijumpai berada di pohon yang tinggi, kadang-kadang diserang srigunting dan burung kecil lain. Terbang berputar di hutan saat berburu, menyerang mangsa di pepohonan. Makanan burung ini berupa Burung kecil lain, ayam, mamalia, kadal, dan sesekali juga makan kelelawar.

Suara burung ini berupa nada Siulan nyaring, mirip suara burung Elang Jawa.Silahkan dengarkan suaranya dibawah ini:
Perkembangbiakan burung ini sangat lambat.Dalam satu sarang hanya ditemukan satu anakan,itupun terjadi setahun sekali. Sarangnya diletakkan pada tajuk bagian atas pohon besar. Status burung ini Appendix II, yang artinya dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu Perlindungan: PP No. 7/1999.
Back To Top