Suara Burung Prenjak Tebu

Burung prenjak tebu atau ciblek tebu maupun meong tebu adalah salah satu burung jenis ciblek atau dari jenis Prinia yang habitatnya juga dapat dijumpai di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini disebut dengan nama yellow-bellied prinia (Prinia flaviventris).Burung ini berukuran kecil dengan panjang tubuhnya sekitar 13 cm.Berwarna hijau-zaitun,berekor panjang,bagian dada putih, perut kuning,kepala abu-abu, alis-mata keputih-putihan samar (kadang-kadang). Tubuh bagian atas hijau-zaitun, lingkar mata kuning-jingga. Dagu, kerongkongan, dan dada atas putih. Iris coklat, paruh atas hitam sampai coklat, paruh bawah berwarna pucat; kaki jingga.
Suara Burung Prenjak Tebu

Spesies ini terdiri dari 7 sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda-beda,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Prinia flaviventris sindiana (Ticehurst, 1920): Pakistan (Saluran sungai Indus dari timur Bannu, di NWFP, dan sampai Sind di selatan) dan India barat laut (Punjab, Delhi dan Haryana).
  2. Prinia flaviventris flaviventris (Delessert, 1840): terpencar diantara Terai di Subbenua Indian utara dari India utara (Uttaranchal Pradesh) di timur sampai Arunachal Pradesh dan Myanmar barat dan utara.
  3. Prinia flaviventris delacouri (Deignan, 1942): Myanmar timur dan selatan, Cina selatan (Yunnan selatan), Thailan, Laos, Kamboja dan Vietnam.
  4. Prinia flaviventris sonitans (Swinhoe, 1860): Vietnam timur laut (Tonkin), Cina selatan (Guangxi, Guangdong, Fujian, Hainan) dan Taiwan.
  5. Prinia flaviventris rafflesi (Tweeddale, 1877): Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Jawa bagian barat dan tengah.
  6. Prinia flaviventris halistona (Oberholser, 1912): Pulau Nias, ujung barat Sumatera.
  7. Prinia flaviventris latrunculus (Finsch, 1905): Kalimantan.
Secara fisik,tampilan burung ini hampir mirip dengan Ciblek Semi atau ciblek kebun dengan bagian kepalanya hampir sama dengan Burung Ciblek Pari,namun suaranya sangat berbeda dan hampir menyerupai burung Cici Meong.Berikut ini ada 5 file audio suara burung ciblek tebu atau prenjak tebu dari negara (sub spesies) yang berbeda dengan nama sub spesies seperti yang dituliskan diatas.Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Suara Ciblek Tebu (Indonesia)
Suara Prenjak Tebu (Malaysia)
Suara Ciblek Tebu (Vietnam)
Suara Prenjak Tebu (Taiwan)
Suara Prenjak Tebu (Taiwan) V2
Suara Ciblek Tebu (Singapura)
Suara Ciblek Tebu (Kamboja)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Prenjak Tebu"
Back To Top