Suara Burung Sikatan Tanahjampea

Satu lagi spesies burung sikatan atau tledekan atau sulingan yang mempunyai penampilan mirip dengan Tledekan Gunung,yaitu Sikatan Tanahjampea.Burung ini merupakan spesies burung endemik Pulau Tanah Jampea, Sulawesi Selatan. Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Tanahjampea Blue Flycatcher (Cyornis djampeanus)-Hartert, 1896.

Burung ini berukuran sedang (14-15 cm),pada  burung Jantan,tubuh bagian atas berwarna biru tua, alis biru pucat, dagu gelap, tubuh bagian bawah merah-karat jingga. Tenggorokan putih kontras dengan dagu dan muka bagian bawah hitam. Sedangkan untuk burung betina tampilannya hampir mirip dengan jantan tetapi tanpa warna putih pada bagian  tenggorokannya.
Suara Burung Sikatan Tanahjampea
img credited to http://www.hbw.com/

Burung ini adalah jenis burung Endemik Indonesia yang penyebarannya terbatas hanya terdapat di P. Tanah Jampea, Sulawesi Selatan. Merupakan jenis burung penetap yang menghuni hutan bakau pesisir, peralihan mangrove dengan hutan dan belukar, hutan pantai dan hutan rawa air asin. Makanan burung ini sama seperti jenis burung sikatan pada umumnya,yaitu berbagai jenis serangga seperti lalat, lebah, semut, rayap dan inverteberata kecil lainnya.

Suara burung ini juga bagus,dikarenakan masih sangat jarang orang yang pelihara burung ini sehingga belum banyak yang menguploadnya ke youtube jadi kami belum bisa menyediakan audio suara kicaunya yang gacor. Berikut kami uploadkan 2 file audio suara burung sikatan tanahjampea yang merupakan audio hasil rekaman di hutan yang cenderung hanya berupa suara siulan.

Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Semoga bermaanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Suara Burung Sikatan Tanahjampea"
Back To Top