Suara Kicau Burung Kucica Hutan (Murai Batu)

Burung Kucica hutan (Copsychus malabaricus) atau yang lebih dikenal sebagai Murai batu ini merupakan jenis burung pengicau yang termasuk dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia dan sebagian di pulau Jawa dan juga Kalimantan. Namun untuk Murai Batu ras dari Kalimantan Utara yaitu Kucica Alis-putih atau Murai Batu Mahkota (Copsychus malabaricus stricklandii) oleh beberapa pakar dianggap sebagai spesies tersendiri.
Suara Kicau Burung Kucica Hutan (Murai Batu)
img credited to http://orientalbirdimages.org/

Burung murai batu memiliki suara kicauan yang bagus sehingga mendapat penghargaan terbaik atas nyanyian nya yang sangat indah pada tahun 1947 ( The Best Song Birds – Delacour, 1947 ). Burung murai batu merupakan kelompok burung yang di gemari di kalangan para pecinta kicauan karena memiliki suara atau spesifikasi kicauan yang sangat baik.

Burung yang dalam bahasa Inggris-nya disebut dengan White-rumped Shama ini memiliki daerah penyebaran yang cukup luas secara global yang meliputi Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, China, India, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapura, Srilanka, Thailand, dan juga Vietnam.

Untuk daerah Sumatra khususnya, banyak sekali di temukan burung jenis murai batu. Burung murai asal Sumatra ini terdiri dari beberapa jenis seperti murai batu aceh, murai batu medan, murai nias dan murai batu lampung yang identik dengan ekornya yang panjang serta tidak membusungkan bulu dadanya ketika bertemu lawan.

Selain burung murai asal Sumatra yang menjadi primadona kicau mania (penghobi murai khususnya), murai batu asal Malaysia (bukan yang dari sabah dan serawak) dan Thailand juga menjadi incaran mereka karena postur tubuhnya yang lebih gagah dan juga ekornya yang lebih panjang.

Untuk melengkapi koleksi suara burung di situs ini,kami akan mencoba untuk terus berusaha menyajikan kumpulan suara kicauan burung terbaru yang tentunya berbeda dengan file audio suara burung yang sama yang sudah pernah kami publikasikan sebelumnya.

Silahkan download dan dengarkan kelima audio suara burung murai batu dibawah ini yang kami kutip dari video yang ada di youtube.
Suara Burung Kucica Hutan (Murai Batu)
Suara Burung Kucica Hutan (Murai Batu) V2
Suara Burung Kucica Hutan (Murai Batu) V3
Suara Burung Kucica Hutan (Murai Batu) V4
Suara Burung Kucica Hutan (Murai Batu) V5
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Kicau Burung Kucica Hutan (Murai Batu)"
Back To Top