Suara Pleci Muara atau Remetuk Laut

Burung Pleci Muara atau ada yang menyebutnya dengan Burung Harmony, cucak sintier, srulingan yang dalam bahasa Perburungan Nasional disebut dengan remetuk laut ini merupakan spesies burung dari keluarga Acanthizidae atau Australasian warblers.Burung ini dikenal dengan golden-bellied gerygone (Gerygone sulphurea) dalam bahasa Inggrisnya.

Burung Pleci Muara bukan merupakan spesies burung jenis Pleci (Zosterops),karena ukurannya yang kecil sehingga ada yang menyebutnya sebagai pleci muara. Burung ini tersebar di beberapa negara Asia Tenggara, yaitu Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina,Singapura dan juga Thailand. Burung ini memiliki ukuran panjang sekitar 9,5 cm. Tubuh bagain atas berwarna cokelat zaitun keabu-abuan, dan tubuh bagian bawah berwarna kuning pucat. Tenggorokan berwarna kuning, kontras dengan sisi kepalanya.
Suara Pleci Muara atau Remetuk Laut
img credited to http://www.besgroup.org/

Remetuk laut menghuni berbagai tipe habitat yang pohonnya banyak,seperti perkebunan karet, hutan terbuka, rumpun bambu, cemara. Tersebar sampai ketinggain 1.500 m dpl. termasuk di hutan mangrove dan daerah perkotaan.

Di Indonesia,burung ini dapat dijumpai di beberapa wilayah seperti di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Suara burung ini terdengar merdu dan unikseperti suara alat musik Harmonika sehingga ada yang menyebutnya sebagai Burung Harmony.Berikut ada 3 file audio suara burung pleci muara yang bisa kalian unduh di bawah ini.
  1. Suara Pleci Muara
  2. Suara Pleci Muara V2
  3. Suara Pleci Muara V3
Dari ketiga file audio diatas,nomor satu dan dua merupakan suara burung pleci muara yang sudah dipelihara,sedangkan yang nomor tiga merupakan suara pleci muara rekaman hutan.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Pleci Muara atau Remetuk Laut"
Back To Top