Suara Sikatan Mugimaki /Sulingan Kembang

Burung sikatan mugimaki atau dalam bahasa Internasionalnya disebut dengan Mugimaki Flycatcher (Ficedula mugimaki). Burung ini berukuran kecil dengan panjang tubuhnya sekitar 13 cm.Tubuhnya didominasi dengan warna hitam, jingga, dan putih. Pada burung jantan,tubuh bagian atas berwarna abu-abu kehitaman; dengan alis putih sempit di belakang mata, dan juga bercak putih pada sayap dan pinggir pangkal ekor. Bagian tenggorokan, dada, dan sisi-perut berwarna jingga. Sementara bagian perut-tengah sampai penutup ekor bawah berwarna putih.
Suara Sikatan Mugimaki /Sulingan Kembang
Burung sulingan mugimaki

Sedangkan untuk burung betina,tubuh bagian atas berwarna coklat,tubuh bagian bawah berwarna sama dengan burung jantan namun lebih muda. Tubuh bagian atas burung muda berwarna coklat-polos. Tubuh bagian bawah berwarna kuning-tua; dengan bagian perut berwarna putih. Iris coklat-tua, paruh abu-abu tua dan kaki kecoklatan.

Burung ini merupakan spesies burung migran di Indonesia yang memiliki habitat asli dan berkembangbiak di Siberia selatan bagian tengah dan tenggara, Cina bagian timur-laut (Mongolia bagian tengah dan Manchuria), Korea bagian utara, ujung timur Rusia dan P. Sakhalin; dan pada saat musim dingin burung ini bermigrasi ke Cina bagian tenggara (Guangxi, Guangdong, Hainan), Asia Tenggara, Sunda besar, Filiphina.

Di Indonesia,burung ini sering dijumpai di wilayah Sulawesi dan beberapa wilayah lain di Indonesia.Burung ini juga mudah di jumpai di pasar-pasar burung di Pulau Jawa yang dijuluki sebagai Sulingan Kembang atau Jacklin. Suara burung ini mirip dengan suara Sikatan emas yang memiliki nada “trrrr” yang lembut dengan selingan “tii”.

Berikut ini kami ada beberapa audio suara burung sikatan mugimaki.Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Sulingan Kembang Asli Hutan
  2. Suara Sulingan Kembang Asli Hutan v2
  3. Suara Sikatan Mugimaki Rawatan
  4. Suara Sikatan Mugimaki Rawatan v2
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Sikatan Mugimaki /Sulingan Kembang"
Back To Top