Burung Cikarak sulawesi

Burung Cikarak sulawesi,bukan burung jenis Cikrak seperti Cikrak Bambu,Cikrak Daun maupun Cikrak Pallas. Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan dark-eared myza (Myza celebensis) atau lesser streaked honeyeater ini merupakan spesies burung dari keluarga Meliphagidae (burung isap madu).

Burung ini adalah spesies burung endemik Indonesia yang hanya terdapat di Sulawesi. Memiliki tubuh berukuran sedang,yaitu sekitar 20 cm dan memiliki ciri fisik yang agak gelap dengan bercak-mata gundul gelap kekuningan pucat, paruh agak panjang melengkung ke bawah. Ras meridionalis: tubuh bagian atas lebih abu-abu gelap (kurang zaitun), lebih abu-abu, tubuh bagian bawah kurang bercoret.
Burung Cikarak sulawesi

Terdiri dari dua subspesies dengan daerah persebaran yang berbeda,yaitu :
  1. M. c. celebensis (A. B. Meyer & Wiglesworth, 1894) – Sulawesi bagian utara, tengah, dan tenggara.
  2. M. c. meridionalis (A. B. Meyer & Wiglesworth, 1896) – Sulawesi bagian selatan.
Habitat asli burung ini menghuni kawasan hutan dari ketinggian 900 m (sebagian besar di atas 1500 m) sampai 1800 m (Sulawesi utara dan tengah-utara), 2200 m (Sulawesi tengah-selatan), 2000 m (Sulawesi tenggara), dan 2500 m.

Untuk suara nyanyian (song) burung ini kami belum mendapatkan file audionya,baru untuk suara panggilan (call) yang bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top