Burung Seriwang Jepang, Si Burung Migran Yang Cantik

Burung seriwang jepang atau Japanese Paradise-flycatcher adalah spesies burung pengicau dari keluarga Monarchidae dan dikelompokkan dalam Genus: Terpsiphone yang masih satu kerabat dengan Burung Seriwang Asia. Burung ini berkembang biak di Jepang, namun memiliki daerah yang luas ketika bermigrasi yang meliputi China, Thailand, Laos, Vietnam, Philipin, Malaysia, Singapura dan Indonesia khususnya di Sumatra.

Burung ini berukuran sedikit lebih kecil dibanding Seriwang Asia dan memiliki jambul berwarna hitam. Bulu burung jantan berwarna merah-tua (keunguan) pada bagian mantel dan punggung,panjang ekornya sekitar 20cm berwarna hitam, sama dengan warna bulu sayap.
Burung Seriwang Jepang, Si Burung Migran Yang Cantik
img by http://www.buzzhunt.co.uk/
Burung betina sangat mirip dengan burung Seriwang asia betina, bedanya pada warna mahkota lebih buram dan tidak mengilap metalik, juga keseluruhan warna bulu jauh lebih gelap. Iris coklat-tua,kulit tanpa bulu yang melingkari mata berwarna biru, paruh hitam dan kaki kebiruan.

Suara burung ini berupa suara mencicit “cicicit“ yang diikuti suara yang terdengar seperti kata “ hoy- hoy- hoy”. Lebih jelasnya silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Burung Seriwang Jepang
  2. Suara Burung Seriwang Jepang v2
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top