Jenis Burung Madu (Kolibri) Yang Terdapat di Indonesia

Burung madu atau umum disebut dengan Kolibri di Indonesia ini adalah jenis burung pengicau pemakan nektar. Dalam klasifikasi ilmiahnya dikelompokkan kedalam keluarga Nectariniidae. Di dalam family ini masih dibagi menjadi beberapa genus untuk membedakan antara spesies yang satu dengan yang lainnya berdasarkan kriteria masing-masing. Keluarga Nectariniidae terdiri dari 2 jenis burung,yaitu sunbirds (burung madu) dan spiderhunters (pijantung). Terbagi menjadi 16 genus dengan lebih dari 100 spesies burung di dalamnya.

Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 15 jenis burung madu dan 8 jenis burung pijantung yang tersebar di berbagai daerah. Kesemua jenis burung ini merupakan spesies burung yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Seperti yang dijelaskan tentang jenis burung yang dilindungi termasuk semua jenis burung madu / jantingan / klaces dari famili Nectariniidae.
Kolibri di Indonesia ini adalah jenis burung pengicau pemakan nektar. Dalam klasifikasi ilmiahnya dikelompokkan kedalam keluarga Nectariniidae.

Namun belakangan ini justru jenis-jenis burung dari keluarga Nectariniidae ini banyak diburu untuk dipelihara karena suara kicaunya yang bagus. Alasan burung ini dilindungi karena perannya yang sangat vital dalam proses penyerbukan alami terhadap tanaman di hutan dan perkebunan.

Baiklah,berikut ini adalah beberapa jenis burung madu (kolibri) yang habitatnya dapat dijumpai di Indonesia. Kami tidak menyertakan tentang deskripsi masing-masing spesies dengan alasan untuk menghemat ruang artikel. Silahkan klik tautan atau kalimat yang dapat kalian klik dibawah ini (jika ada) karena sebagian besar spesies sudah pernah kami bahas di situs timkicau.com ini.
  1. Burung Madu Sriganti /Sogok Ontong
  2. Burung Madu Kelapa /Wiceh
  3. Burung Madu Jawa
  4. Burung Madu Sepah Raja
  5. Burung Madu Pengantin /Kolibri Ninja
  6. Burung Madu Hitam
  7. Burung Madu Rimba
  8. Burung Madu Matari
  9. Burung Madu Bakau
  10. Burung Madu Leher Merah
  11. Burung Madu Ekor Merah
  12. Burung Madu Belukar/Kolibri Wulung
  13. Burung Madu Gunung
  14. Burung Madu Sumba
  15. Burung Madu Sangihe
  16. Burung Madu Polos
Adapun untuk spesies lain dalam keluarga Nectariniidae selain burung madu dapat kalian lihat pada artikel kami tentang Jenis Burung Pijantung di Indonesia.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top