Jenis Burung Pijantung (cucuk jantung) di Indonesia

Burung cucuk jantung atau pijantung adalah jenis burung pengicau dari keluarga Nectariniidae yang masih satu family dengan Burung Madu (sunbirds). Dalam klasifikasi ilmiahnya,jenis burung pijantung dikelompokkan kedalam genus Arachnothera. Di dalam Genus Arachnothera ini terdiri atas 11 spesies, dengan wilayah persebaran di negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Dalam literatur perburungan internasional, pijantung disebut sebagai spiderhunter karena sering makan laba-laba dan serangga kecil lainnya. Bahkan burung ini memiliki kemampuan mengekstraksi serangga yang terjebak dalam jaring laba-laba.Selain serangga kecil, pijantung juga menyukai nektar atau sari bunga yang di peroleh dari bunga pisang dan jahe-jahean.

Panjang tubuh burung pijantung bervariasi mulai dari 13 cm hingga 22 cm, tergantung dari spesiesnya. Burung jenis ini sangat mudah dikenali dengan melihat langsung ciri fisiknya yang memiliki ukuran tubuh besar dan paruhnya yang panjang melengkung hampir sepanjang ukuran tubuhnya. Inilah yang membedakan antara burung madu (sunbirds) dengan burung pijantung (spiderhunter) yang merupakan keluarga besar Nectariniidae.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa seluruh spesies burung dari keluarga Nectariniidae di Indonesia termasuk dalam daftar burung yang dilindungi berdasarkan PP No 7 Tahun 1999. Alasan utamanya bukan karena populasinya yang menurun di alam liar, tetapi karena semua burung dari keluarga Nectariniidae sangat berperan dalam penyerbukan alami tanaman di hutan dan areal perkebunan.

Terdapat 8 jenis burung pijantung yang habitatnya dapat dijumpai di Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Pijantung Besar
Jenis Burung Pijantung (cucuk jantung) di Indonesia

Burung Pijantung besar atau long-billed spiderhunter (Arachnothera robusta) ini memiliki tubuh berukuran agak besar,yaitu sekitar 21 cm. Ciri fisik dari burung ini pada tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun. Tubuh bagian bawah kuning. Tenggorokan dan dada bercoret hijau. Tidak ada bercak pipi. Lingkar mata tidak putih. Dagu tidak putih mencolok. Ekor gelap dengan ujung putih. Iris coklat, paruh hitam, kaki zaitun kehitaman.Di Indonesia,burung ini dapat dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa.
  • Pijantung Kecil
Jenis Burung Pijantung (cucuk jantung) di Indonesia

Burung Pijantung kecil atau little spiderhunter (Arachnothera longirostra) ini berukuran agak kecil (15 cm). Tubuh bagian atas hijau zaitun. Tubuh bagian bawah kuning terang. Tenggorokan abu-abu keputih-putihan khas. Paruh panjang melengkung. Iris coklat, paruh atas hitam, paruh bawah keabu-abuan, kaki nila kebiruan. Wilayah penyebaran di Indonesia terdapat di Sumatera,Kalimantan, Jawa dan Bali. Lebih detail tentang burung ini silahkan Baca Selengkapnya..
  • Pijantung Gunung
Jenis Burung Pijantung (cucuk jantung) di Indonesia

Pijantung gunung atau streaky-breasted spiderhunter (Arachnothera affinis) merupakan jenis burung pijantung yang memiliki perpaduan warna hijau dan abu-abu. Tubuh bagian atas hijau-zaitun. Tubuh bagian bawah abu-abu dengan coretan hitam halus pada tenggorokan dan dada yang khas (membedakannya dari jenis pijantung yang lain). Burung remaja belum memiliki coretan. Iris berwarna coklat, paruh atas hitam, paruh bawah lebih pucat, kaki coklat kemerah-jambuan. Di Indonesia,burung ini dapat dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Baca Selengkapnya..
  • Pijantung Kampung
Jenis Burung Pijantung (cucuk jantung) di Indonesia

Burung yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Thick-billed Spiderhunter (Arachnothera crassirostris) ini memiliki ukuran tubuh sekitar 16 cm. Tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun. Tenggorokan abu-abu-kehijauan berpendar menjadi kuning sampai tubuh bagian bawah. Hampir mirip dengan Pijantung Kecil,namun yang membedakannya adalah ukuran paruh lebih pendek dan tebal, tenggorokan lebih abu-abu, alis mata lebih pucat, dan garis mata lebih gelap.Iris coklat, paruh kehitam, dan kaki kehitaman. Burung ini dapat dijumpai di Sumatera dan Kalimantan untuk wilayah Indonesia.
  • Pijantung Kalimantan
Jenis Burung Pijantung (cucuk jantung) di Indonesia

Pijantung kalimantan atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama Bornean spiderhunter (Arachnothera everetti) ini merupakan spesies burung pijantung yang habitat aslinya terbatas di kawasan Borneo seperti Brunei, Indonesia, dan Malaysia.Nama ilmiahnya untuk mengenang administrator kolonial dan kolektor zoologi dari Inggris, Alfred Hart Everett. Baca Selengkapnya..
  • Pijantung Tasmak
Jenis Burung Pijantung (cucuk jantung) di Indonesia

Pijantung Tasmak atau spectacled spiderhunter (Arachnothera flavigaster) ini memiliki ukuran tubuh besar dengan panjang tubuhnya sekitar 21cm. Bulu berwarna hijau zaitun. Pada bagian penutup telinga dan lingkar mata berwarna kuning. Perbedaan dengan Pijantung Telinga-kuning adalah ukurannya lebih besar, paruh lebih pendek, penutup telinga lebih kecil, lingkar mata lebih lebar, garis pada dada dan tenggorokan lebih sedikit. Iris coklat, paruh hitam, kaki coklat kekuningan. Penyebaran lokal burung ini terdapat di Sumatera dan Kalimantan.
  • Pijantung Kepala Putih
Burung pijantung kepala putih atau Whitehead's Spiderhunter (Arachnothera juliae) ini juga merupakan spesies burung pijantung yang keberadaannya dapat ditemui di Indonesia. Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah lembap subtropis atau tropis dan pegunungan berhutan lembap subtropis atau tropis.
  • Pijantung Telinga Kuning
Jenis Burung Pijantung (cucuk jantung) di Indonesia

Disebut pijantung telinga kuning atau Yellow-eared Spiderhunter (Arachnothera chrysogenys) ini dikenali dari bercak kuning yang terdapat di pipi dan lingkar mata. Secara keseluruhan berwarna hijau zaitun pada tubuh bagian atas dan kuning pada tubuh bagian bawah.Iris coklat, paruh agak hitam, kaki coklat pucat. Penyebaran burung ini di Indonesia meliputi Sumatera, Kalimantan dan Jawa bagian Barat.

Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top