Jenis-jenis Burung Jagal

Burung Jagal atau umum disebut dengan Jagal Papua ini termasuk jenis burung yang memiliki suara sangat keras. Ukuran tubuhnya besar dengan ciri yang identik yaitu berparuh tebal dan panjang. Yang unik dari burung ini adalah ketika berkicau,yaitu sembari membuka dan menutup kedua sayapnya. Suaranya sangat keras dengan berbagai vareasi lagu,burung jantan dan betina bisa berkicau dan juga sama-sama bersuara keras. Namun biasanya suara burung betina lebih sedikit vareasi suaranya atau terdengar monoton. Baca juga Perbedaan Jagal Papua Jantan dan Betina.

Burung jagal papua atau Butcherbird ini merupakan spesies burung keluarga Artamidae yang dikelompokkan kedqlam Genus: Cracticus. Ada 7 spesies burung Jagal yang hanya dapat dijumpai terbatas di Indonesia bagian Timur, Papua Nugini dan Benua Australia untuk habitat aslinya. Berikut adalah daftar jenis burung jagal beserta wilayah penyebarannya.

Jagal Papua (Hooded Butcherbird)
Jenis Burung Jagal

Burung inilah yang asli disebut Jagal Papua. Dalam bahasa Inggrisnya disebut hooded butcherbird (Cracticus cassicus). Deskripsi tentang burung ini bisa kalian baca lebih lanjut di artikel sebelumnya tentang Burung Jagal Papua. Burung ini dapat dijumpai di Indonesia dan Papua Nugini.

Jagal Hitam
Jenis Burung Jagal

Spesies burung ini terdiri dari 5 sub-spesies, dengan daerah persebaran di Pulau papua dan beberapa pulau didekatnya yang juga tersebar di Australia. Kelima ras tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • quoyi (Lesson & Garnot, 1827): Kelompok Pulau Papua Barat (Waigeo, Salawati dan Misool), Yapen (di teluk cendrawasih) dan seluruh daratan Pulau Papua, kecuali Trans-Fly.
  • alecto (Schodde & Mason, 1999): Pulau Papua bagian tengah sisi selatan (Wilayah Trans-Fly dari selat Princess Marianne di timur sampai Pulau Daru), Kepulauan Aru, dan Pulau-pulau di selat Torres utara (Boigu dan Saibai). Ciri Pembeda: Memiliki suara yang berbeda “ currawong” , terdiri dari rangkaian 15 nada yang kompleks.
  • spaldingi (Masters, 1878): Western Australia utara (Cambridge Gulf) di timur sepanjang pantai, termasuk Kepulauan Tiwi (Pulau Bathurst dan Pulau Melville), sampai pantai Arnhem Land (termasuk teluk Blue Mud, di Gulf Carpentaria).
  • jardini (Mathews, 1912): daerah tepi pantai di Semenanjung Cape York di selatan sampai sungai Mitchell di barat dan sampai Cooktown di timur.
  • rufescens (De Vis, 1883): Timur laut pantai Queensland dari wilayah Cooktown di selatan sampai Broad Sound utara (selatan Mackay), dengan jeda di sungai Burdekin.
Jagal Leher Putih (Jagal Papua Mini)
Jenis-jenjis Burung Jagal

Persebaran dan ras burung ini terdapat di savana di Trans-Fly dan Port Moresby, Pulau Papua. Juga di Australia bagian utara. Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda yaitu:
  • mentalis (Salvadori & D’Albertis, 1876): Pulau Papua bagian selatan di wilayah Trans-Fly selatan (Merauke di sisi timur sampai Balimo) dan tenggara Semenanjung (Hall Sound di sisi timur sampai Kupiano dan dataran sampai dataran tinggi Sogeri).
  • kempi (Mathews, 1912): Semenanjung Cape York, di Australia bagian timur-laut.
Jagal Punggung Hitam (Jagal Australia)
Jenis-jenjis Burung Jagal

Spesies burung ini terdiri dari 9 sub-spesies dengan daerah persebaran:
  • papuanus ( Bangs & J. L. Peters, 1926): Pulau Papua bagian selatan (Wilayah Trans-Fly selatan dari Selat Princess Marianne di timur sampai sungai Oriomo).
  • eylandtensis ( H. L. White, 1922): Western Australia utara (Wilayah Kimberley) di timur, melewati Northern Territory (termasuk Groote Eylandt) sampai Queensland barat laut.
  • longirostris ( Milligan, 1903): Western Australia dari Dampier Land di selatan paling tidak sampai di wilayah Pilbara (keberadaannya di daratan yang lebih dalam masih belum pasti).
  • dorsalis (A. J. Campbell, 1895): Western Australia bagian barat daya (almost timur sampai Eucla, di selatan Great Victoria Desert).
  • telonocua (Schodde & Mason, 1999): Northern Territory selatan dan South Australia.
  • terraereginae (Mathews, 1912): sebagian besar di Queensland (kecuali daerah Gulf dan ujung tenggara) dan New South Wales di barat wilayah Great Dividing (termasuk sebagian besar lembah Murray-Darling) di selatan sampai South Australia timur (L Eyre selatan dan timur sampai sungai Murray) dan Victoria utara.
  • tibicen ( Latham, 1801): Pesisir bagian tenggara Australia.
  • tyrannicus ( Schodde & Mason, 1999): Victoria utara dan timur (terutama di timur wilayah Great Dividing).
  • hypoleucus (Gould, 1837): setengah bagian timur Tasmania.
Burung Jagal Kelabu
Jenis-jenjis Burung Jagal

Jagal Kelabu atau Grey butcherbird (Cracticus torquatus) adalah salah satu spesies burung jagal yang merupakan jenis burung endemik benua Australia . Yang berarti spesies ini hanya dapat ditemui di kawasan Australia. Ada spesies jagal papua mini yang mirip dengan burung ini yang dapat dijumpai di Indonesia,yaitu jagal papua mini atau jagal leher putih.

Pied Butcherbird
Jenis-jenjis Burung Jagal

Pied butcherbird (Cracticus nigrogularis) adalah jenis burung Jagal yang ukuran tubuhnya sedang. Burung ini dapat dijumpai di Australia. Berukuran sekitar 35 cm panjang dengan warna bulu yang hampir mirip Jagal Papua atau Hooded Butcherbird namun komposisi warna hitam di sayapnya lebih banyak dan lebih ngeblok.

Tagula Butcherbird
Jenis-jenjis Burung Jagal

Burung jagal yang memiliki nama latin Cracticus louisiadensis) ini merupakan spesies burung Endemik Pulau Tagula du Papua Nugini. Silver-Backed Butcherbird silver-backed butcherbird (Cracticus argenteus) ini grey butcherbird ( C. torquatus ) of which it considered by some authorities to be a subspecies, C. torquatus argenteus .
Back To Top