Rambatan Loreng, Si Burung Cantik Suara Mirip Cililin

Burung rambatan loreng atau munguk loreng yang di beberapa daerah disebut dengan rambatan doraemon ini merupakan salah satu burung masteran yang bagus. Dalam bahasa Inggrisnya, burung ini disebut dengan blue nuthatch (Sitta azurea). Burung ini merupakan spesies burung dari keluarga Sittidae , dari genus Sitta yang memiliki habitat di hutan sub montana, hutan primer, hutan sekunder dan tersebar antara ketinggian 900-2.400 m dpl. Ciri burung Munguk loreng ini bertubuh kecil (13 cm).

Warna bulunya cantik dengan bagian Mahkota, tengkuk, dan sisi kepala berwarna hitam. Punggung, sayap, ekor biru mengkilap, terlihat hitam di tempat gelap. Tenggorokan dan dada putih. Perut dan tungging hitam atau hitam biru. Iris putih, paruh kuning, kaki abu-abu biru. Kebiasaan mirip Munguk beledu yang suka merambat (merayap) di pepohonan untuk mencari makan atau bermain.
Rambatan Loreng, Si Burung Cantik Suara Mirip Cililin

Burung ini tersebar di Semenanjung Malaysia. Di Indonesia sendiri,burung ini dapat dijumpai di Sumatera dan Pulau Jawa,khususnya bagian barat dan timur. Beberapa waktu lalu ketika saya berkunjung di beberapa pasar burung di Magelang,saya menemukan banyak spesies burung ini yang dijual. Saya belum sempat menanyakan harga bakalan untuk satu ekor burung ini.

Suaranya cukup bagus untuk masteran burung,hampir mirip dengan suara burung cililin namun dengan volume yang kecil dan tembakan yang putus-putus. Berikut ada 1 file audio suara burung rambatan loreng yang kami peroleh dari hasil konversi video yang ada di youtube. Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
dan kami buatkan juga audio modifikasi atau editan dari audio diatas dengan menambah rapat dan panjang suara tembakannya. Silahkan dengarkan dibawah.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top