Suara Burung Caladi Tikotok

Burung caladi tikotok adalah salah satu jenis burung Woodpecker yang umum disebut Pelatuk yang memiliki warna bulu yang eksotis dan berpenampilan unik. Dalam bahasa Inggrisnya, burung ini dikenal dengan grey-and-buff woodpecker (Hemicircus sordidus). Spesies ini dapat dijumpai di kawasan Asia Tenggara seperti Brunei,Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura , dan Thailand.

Berukuran kecil (antara 13-14 cm) dan berjambul unik. Punggung bersisik, kepala dan dada abu-abu. Pada burung Jantan, jambulnya panjang dengan dahi berwarna merah. Sedanhkan pada burung Betina dan remaja, dahi berwarna abu-abu. Perut kuning tua, tunggir putih. Punggung dan penutup sayap hitam dengan warna putih-kuning tua pada sisi sayap.Iris coklat, paruh abu-abu gelap dan kaki abu-abu.
grey-and-buff woodpecker (Hemicircus sordidus).

Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran:
  1. sordidus (Eyton, 1845) – Myanmar selatan (Tenasserim selatan) dan Semenanjung Thailand ke selatan sampai Sumatera (termasuk P. Mentawai utara dan P. Bangka), dan Kalimantan.
  2. concretus (Temminck, 1821) – Jawa bagian barat dan tengah. Banyak terdapat secara lokal di Kalimantan dan Sumatera, tetapi tidak umum terdapat di Jawa.
Menyukai daerah terbuka, hutan sekunder, pekarangan, dan perkebunan. Hidup pada lapisan tajuk. Kadang-kadang berperilaku seperti gelatik, bergantungan mencari serangga dan buah-buahan.

Suara bergetar sewaktu terbang “wikawik” yang nyaring, getaran “ci-ci-ci-ci-ci” dan “ciuw”. Berikut ini ada 3 file audio suara burung caladi tikotok. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Informasi tentang spesies burung caladi tikotok diatas dikutip dari wikipedia bahasa Indonesia, kutilang.or.id dengan sumber rekaman audio dari xeno-canto. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top