Suara Burung Pin Tailed Whydah

Burung pin-tailed whydah (Vidua macroura) adalah spesies burung pengicau dari keluarga Viduidae dan spesies dalam Genus: Vidua yang masih satu kerabat dengan Long-tailed paradise whydah. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian,berparuh pendek dan tebal dan memiliki ekor yang panjang,khususnya untuk burung jantan. Ukuran normal burung ini sekitar 12-13 cm, namun ketika menjelang musim berkembang biak,ekor burung jantan memanjang hingga 20cm.

Burung ini memiliki habitat asli di Afrika,namun sudah banyak tersebar di berbagai negara termasuk juga Indonesia melalui proses perdagangan. Memiliki warna bulu yang indah dengan warna yang berbeda antara burung jantan dan betina. Pada burung jantan berwarna hitam di bagian punggung,mahkota, ujung sayap dan ekornya. Warna putih menghiasi bagian bawah tubuhnya,leher dan sedikit di sayap. Paruh bersih berwarna merah.
Pin Tailed Whydah sounds
pin tailed whydah jantan dan betina,img by http://www.lynxeds.com/
Sedangkan untuk burung betina memiliki warna bulu dominan kecoklatan yang dipadukan dengan warna hitam dibagian sayap,punggung dan paruh bagian atas. Selain itu juga terdapat garis hitam dibagian kepala. Keunikan lain dari burung ini adalah karakternya yang mirip burung kedasih dan cuckoo, yaitu sering meletakkan telurnya di dalam sarang burung lainnya (khususnya burung jenis Finch).

Burung cantik ini memiliki suara yang unik berupa siulan-siulan. Berikut ini ada 3 file audio suara burung Pin Tailed Whydah yang kami kutip dari situs youtube. Kami mengambil audio burung ini yang sudah dipelihara oleh manusia. Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top