Suara Burung Seriwang Asia (Tali Pocong)

Burung seriwang Asia atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Asian paradise flycatcher ini merupakan spesies burung yang memiliki ekor panjang nan elok dipandang. Nama lokal burung ini di beberapa daerah di Indonesia disebut dengan Tali Pocong ataupun Tali Mayat karena warna bulunya putih dengan ekornya yang cukup panjang.

Burung ini berukuran 22 cm dengan warna bulu bagian kepala hitam disertai jambul yang mencolok. Burung jantan mempunyai sepasang bulu ekor tengah yang memanjang sampai 25 cm, melebihi bulu ekor lainnya. Bulu burung betina berwarna coklat-merah bata dengan kepala mengilap.Iris coklat, kulit tanpa bulu di sekitar mata biru, paruh biru berujung hitam dan kaki berwarna biru.
Suara Burung Seriwang Asia (Tali Pocong)
img credited to http://www.hbw.com/
Suara burung ini keras dan serak yang terdengar seperti kata “ ci-tew ” atau “ ci-wiit, ci-wiitwiit ”, sering berselang dengan siulan berdering '' ciuw-ciuw-ciuw” yang nyaring, biasanya diulangi sebanyak dua kali. Berikut ada beberapa file audio suara burung seriwang Asia atau Tali Pocong. Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Burung Seriwang Asia
  2. Suara Burung Seriwang Asia v2
Di Indonesia,burung ini dapat dijumpai di Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara. Menghuni kawasan hutan,tercatat keberadaannya sampai ketinggian 1.200 mdpl. Saat ini spesies burung ini dibagi menjadi 3 spesies karena terdapat beberapa perbedaan warna bulu yang tersebar di berbagai negara di Asia yaitu.
  • Indian paradise flycatcher (Terpsiphone paradisi)
  • Oriental paradise flycatcher (Terpsiphone affinis)
  • Amur paradise flycatcher (Terpsiphone incei)
Burung ini menjadi incaran para kolektor burung unik maupun burung hias. Semoga tidak terjadi penjarahan terhadap spesies burung cantik yang satu ini supaya habitatnya tetap lestari di alam liar. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top