Suara Burung Wiceh (Manggaran)

Burung wiceh atau manggaran adalah penyebutan lokal di beberapa daerah (khususnya di pulau Jawa) untuk spesies burung pemakan nektar yang dalam bahasa perburungan nasionalnya disebut Burung-madu kelapa atau umum disebut Kolibri Kelapa di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya burung ini dikenal dengan Brown-throated Sunbirds (Anthreptes malacensis). Ini adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae yang dikelompokkan kedalam genus Anthreptes.

Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar Loranthus, Musa , Hibiscus, serangga, ulat, laba-laba, buah lembu dan memiliki habitat di dataran rendah seperti pekarangan terbuka, kebun kelapa, semak pantai, hutan mangrove yang tersebar sampai ketinggian 1.200 m dpl. Burung-madu kelapa memiliki tubuh berukuran sedang,sekitae 13 cm dan memiliki bulu berwarna-warni.
 Burung-madu kelapa atau umum disebut Kolibri Kelapa di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya burung ini dikenal dengan Brown-throated Sunbirds (Anthreptes malacensis)

Burung jantan dan betina mudah dibedakan karena keduanya memiliki warna bulu yang berbeda,khususnya untuk burung yang sudah berusia dewasa. Pada burung jantan,bagian mahkota dan punggung berwarna hijau bersinar. Tunggir, penutup sayap, ekor, setrip kumis ungu bersinar. Pipi, dagu, tenggorokan coklat tua buram dan tubuh bagian bawahnya berwarna kuning.

Sedangkan untuk burung betina,tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun. Tubuh bagian bawah kuning muda. Iris merah, paruh hitam, kaki hitam abu-abu. Burung ini bersifat teritorial agresif yang akan mengusir burung madu lain dari pohon sumber makanan yang disukai. Sarang berbentuk kantung menggantung, dari serat rumput, direkatkan dengan jaring laba-laba dan kapas rumput. Telur jumlah 2 butir dan berbiak sepanjang tahun.

Suara burung ini sangat khas dengan Kerikan bernada tinggi yang terdengar seperti kata “kelicap, twiit-twiit-twiit” atau lagu sederhana “wi-ciuw, wi-chiuw” yang diulangi terus-menerus. Berikut ada 4 file audio suara burung wiceh atau manggaran. 2 audio diantaranya merupakan suara rekaman asli hutan,dan 2 file audio suara manggaran yang sudah dipelihara. Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Wiceh di Alam
  2. Suara Wiceh di Alam
  3. Suara Wiceh Masteran
  4. Suara Wiceh Masteran
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top