Suara Burung Cucak Ijo Medan

Burung cucak ijo atau cucak hijau medan adalah salah satu jenis burung daun (leafbird) yang habitat aslinya hanya terdapat di Sumatra. Dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Sumatran leafbird (Chloropsis media) yang dahulu spesies ini ditempatkan sebagai subspesies dari cucak hijau kepala emas / golden-fronted leafbird (Chloropsis aurifrons) yang terdapat di negara-negara tetangga.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis burung daun atau cucak hijau. Seperti cucak ijo besar,cucak ijo kecil (mini), cucak rante,cucak rante emas dan cucak ijo dahi kuning yang sering disebut cucak ijo medan ini. Sangat mudah untuk membedakan jika dilihat dari tampilan fisiknya antara cucak ijo polos dan cucak ijo medan,perbedaan paling adalah warna kuning pada bagian atas kepalanya.
Suara Cucak Ijo Medan

Di Jawa,harga burung yang satu ini lebih murah dibanding dengan harga cucak ijo polos (cucak ijo banyuwangi). Di beberapa daerah di Sumatra,burung ini sering dilombakan,namun di Jawa masih sangat jarang burung ini di ikutkan dalam arena perlombaan burung khususnya kelas cucak ijo.

Menurut beberapa pendapat dari pemain burung tanah air,suara burung ini kurang keras dibanding dengan cucak ijo biasa. Namun burung ini juga bagus untuk dipelihara karena suara kicaunya yang bervareasi dan juga mampu menirukan suara burung lain.

Berikut ini ada 2 buah file audio suara burung cucak ijo medan. Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Cucak Ijo Medan
  2. Suara Cucak Ijo Medan
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top