Burung Fire Tailed Sunbird

Satu lagi spesies burung madu mancanegara yang masih sekerabat dengan Burung Madu Jawa (Javan Sunbird) yaitu fire-tailed sunbird (Aethopyga ignicauda). Burung ini adalah spesies burung madu atau sunbird yang dikelompokkan kedalam Nectariniidae family dan dipisahkan kedalam genus Aethopyga. Secara umum,habitat asli burung ini terdapat di Bangladesh, Bhutan ,India,Myanmar ,Nepal ,Thailand dan Tibet.
Satu lagi spesies burung madu mancanegara yang masih sekerabat dengan Burung Madu Jawa (Javan Sunbird) yaitu fire-tailed sunbird (Aethopyga ignicauda)
IMG credited to http://orientalbirdimages.org/

Menghuni kawasan hutan tropis maupun sub tropis dan hutan pegunungan. Dibagi menjadi 2 sub spesies yang dipisahkan berdasarkan daerah penyebarannya yaitu:
  1. A. i. ignicauda (Hodgson, 1837) –India, Nepal, Bhutan,Bangladesh (Sylhet), China bagian selatan (Xizang dan Sichuan sampai Yunnan) and Myanmar.
  2. A. i. flavescens (Stuart Baker, 1921) – India (Lushai Hills, Mizoram) dan Myanmar (Chin Hills).
Burung ini berukuran sekitar 15 cm,namun untuk burung jantan ukurannya lebih panjang karena ditambah dengan ekornya yang panjang,atau berukuran sampai dengan 20cm. Memiliki warna bulu yang indah dengan ekor yang panjang. Bagian mahkota berwarna biru metalik,tenggorokan hitam,punggung merah,tubuh bagian bawah kuning,dada terdapat semburat warna merah,sayap hijau zaitun gelap kehitaman. Ekor merah dengan sapuan warna kuning yang terlihat seperti warna api. Sedangkan betina berwarna hijau zaitun.

Suara burung ini hampir mirip dengan suara Burung Kolibri Wulung. Silahkan dengarkan 2 koleksi suara burung fire tailed sunbird dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top