Burung Kekep Besar

Kekep besar atau Great Wood-swallow yang nama ilmiahnya (Artamus maximus) ini adalah jenis burung kekep yang habitatnya juga dapat dijumpai di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh Sedang dengan panjang tubuhnya sekitar 20 cm dan memiliki ciri fisik pada bagian tunggir, dada, dan perut berwarna putih. Mirip dengan burung Kekep babi yang sudah umum dipelihara untuk dilatih skill free fly (ff), bedanya ukuran tubuhnya lebih besar dan hidup lebih soliter serta sangat jarang bergerombol.
Kekep besar atau Great Wood-swallow yang nama ilmiahnya (Artamus maximus) ini adalah jenis burung kekep yang habitatnya juga dapat dijumpai di Indonesia.

Suara burung ini mirip dengan suara kekep babi yang terdengar seperti kata “ Chirp” atau “ cheep” yang semakin meninggi, agak sulit dibedakan dengan suara Kekep babi. Juga kicauan panjang, lembut, campur aduk antara kuakan, cicitan, dan getaran pendek. Kadang menirukan suara jenis burung lain, terutama kicauan burung Bentet.

Wilayah persebaran burung ini terbatas hanya berada di kawasan pegunungan di Pulau Papua.Hidup di daerah pegunungan pada rentang ketinggian antara 800 – 2800 mdpl. Menghuni lereng yang curam dan puncak bukit di daerah pegunungan. Sering bertengger di pohon-pohon mati di areal kebun yang ditebang.
Tag : Dunia Burung
Back To Top