Burung Madi injap

Burung madi injap atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama Long-tailed broadbill (Psarisomus dalhousiae) ini adalah spesies burung madi dalam keluarga Eurylaimidae. Burung ini sangat mudah dikenali karena warnanya yang cantik dengan penampilan yang unik. Memiliki postur tubuh sekitar 15 cm dan berwarna hijau dengan ekor biru panjang bertingkat. Tenggorokan dan muka kuning, topi dan tengkuk hitam. Sayap hitam, dengan bercak biru bersinar. Terdapat bintik biru kecil pada puncak kepala dan bintik kuning di belakang mata. Burung yang belum dewasa umumnya berwarna hijau. Iris hijau dan abu-abu, paruh hijau dengan ujung atas biru dan bagian bawah kuning, kaki hijau.
Burung madi injap atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama Long-tailed broadbill (Psarisomus dalhousiae) ini adalah spesies burung madi dalam keluarga Eurylaimidae

Berdasarkan wilayah penyebarannya,spesies burung ini terbagi menjadi 5 sub spesies,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. P. d. dalhousiae (Jameson, 1835), tersebar di kaki gunung Himalaya di India utara dan Nepal , mungkin juga di Bangladesh tenggara, dan dari Myanmar utara dan China (Yunnan barat dan selatan, Guizhou barat-daya, Guangxi barat-daya) ke selatan sampai Thailand utara, Laos dan Vietnam (Annam tengah); juga tercatat di Tibet tenggara.
  2. P. d. cyanicauda (Riley, 1935), tersebar di Thailand tenggara dan Kamboja.
  3. P. d. divinus (Deignan, 1947), tersebar di Vietnam selatan (Annam selatan).
  4. P. d. psittacinus (S. Müller, 1836), tersebar di Semenanjung Malaysia dan Sumatera.
  5. P. d. borneensis (Hartert, 1904), tersebar di Kalimantan bagian utara.
Pada spesies burung yang terdapat di Sumatera merupakan spesies burung penetap. Umumnya terdapat di hutan primer dan hutan sekunder, di pegunungan antara ketinggian 700–1500 m dpl, tetapi bisa juga di ketinggian 2000 m dpl (seperti di Gunung Kerinci). Sementara spesies madi injap yang terdapat di Kalimantan, keberadaannya terbatas hanya di daerah pegunungan, dari Gunung Kinabalu dan Trus Madi sampai Tama Abo, dan yang terluar di Gunung Dulit dan Gunung Mulu.

Makanan utamanya burung ini adalah serangga yang ditangkap sambil terbang atau menyisir dedaunan.Di luar musim berbiak,burung ini biasanya berkumpul dalam kelompok sampai 15 individu atau lebih yang berisik, kadang bergabung dengan kelompok burung campuran. Suara burung ini berupa nada siulan nyaring dan halus yang terdiri dari 5-8 nada dengan tingkatan nada yang sama. Berikut ada 1 file mp3 suara burung madi injap rekaman hutan. Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top