Burung Myzomela Anggun

Myzomela Anggun atau graceful honeyeater (Meliphaga gracilis) ini adalah spesies burung dari keluarga besar Meliphagidae yang dikelompokkan dalam Genus Meliphaga. Memiliki ukuran tubuh kecil sekitar 13,3 cm berparuh ramping dengan bercak kuning kecil di telinga, sering beriris abu-abu. Hampir menyerupai Cucak Kombo.
Myzomela Anggun atau graceful honeyeater (Meliphaga gracilis) ini adalah spesies burung dari keluarga besar Meliphagidae yang dikelompokkan dalam Genus Meliphaga
img credited to http://www.arthurgrosset.com/

Spesies burung ini terdiri dari dua sub-spesies dengan daerah persebaran yang berbeda,yaitu:
  1. Meliphaga gracilis gracilis (Gould, 1866) – Kep. Aru, Papua bagian selatan (Teluk Triton ke timur sampai Purari Delta), P. Bristow (di ujung utara Terusan Torres), dan pesisir timur-laut Australia.
  2. Meliphaga gracilis imitatrix (Mathews, 1912) – pesisir timur-laut Queensland sampai Atherton Tableland.
Habitat asli burung ini berada di kawasan hutan di aliran sungai di Papua bagian selatan, terbatas di dataran rendah dan perbukitan di bawah 300 m. Ras stevensi di lereng Tenggara bagian utara Papua, merupakan populasi hutan perbukitan yang menyimpang dari kebiasaan, masih dapat dijumpai sampai ketinggiann 1200 m. Makanan burung ini adalah nektar dan artropoda, jarang memakan buah-buahan.
Back To Top