Burung Namdur ,Jantan Pintar Betina Matre

Burung Namdur atau Burung Pintar adalah jenis burung yang termasuk keluarga burung dalam Ptilonorhynchidae. Dalam keluarga ini terdapat 20 spesies yang terbagi dalam delapan genus (genera). Burung ini memiliki ukuran tubuh sedang. Makanan mereka biasanya buah, tetapi ada juga beberapa jenis yang pemakan serangga. Sepuluh spesies burung namdur endemis New Guinea dam delapan spesies endemis Australia sedangkan dua spesies dapat ditemukan di kedua tempat tersebut.
Burung Namdur atau Burung Pintar adalah jenis burung yang termasuk keluarga burung dalam Ptilonorhynchidae
namdur api,salah satu jenis burung namdur cantik yang dapat dijumpai di Indonesia

Beberapa jenis burung namdur (juga burung kucing) yang terdapat di Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Burung-kucing Kuping-putih
  2. Burung-kucing Tutul
  3. Namdur Hitam
  4. Namdur Polos
  5. Namdur Jambul-emas
  6. Namdur Dahi-emas
  7. Namdur Api
  8. Namdur Topeng 
  9. Namdur Dada-kuning
  10. Namdur Coklat
Salah satu ciri yang paling terkemuka adalah kebiasaan mereka saat musim kawin, di mana yang jantan akan membangun sarang untuk menarik pasangan. Sarang ini bisa dihias dengan sangat indah oleh burung jantan. Oleh sebab itu,Burung Namdur jantan layak digelari sebagai desainer sarang yang hebat. Sedangkan burung Namdur betina, bisa dikatakan sebagai burung ‘matre’ (materialistis). Itu karena Burung Namdur Betina akan menilai keindahan sarang dan tarian Si burung Jantan. Jika tidak menyukainya, Si Namdur Betina pun pergi dan mencari pejantan yang mampu membuat sarang lebih bagus.
Burung Namdur atau Burung Pintar adalah jenis burung yang termasuk keluarga burung dalam Ptilonorhynchidae
Sarang namdur yang dirancang sedemikian rupa oleh burung jantan

Beberapa jenis burung namdur memiliki warna bulu yang eksotis dan pandai menari seperti burung Cendrawasih sehingga Burung Namdur dianggap berkerabat dengan Burung Cendrawasih. Berdasarkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa kedua jenis ini tidak berkerabat dekat.
Back To Top