Burung Remetuk Bidadari

Setelah mengenal tentang burung remetuk laut dan remetuk rawa,masih ada satu lagi jenis burung remetuk yang sayang untuk ditinggalkan yaitu remetuk bidadari. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini dikenal dengan nama Fairy Gerygone (Gerygone palpebrosa) yang memiliki ukuran tubuh dengan panjang sekitar 10 cm. Pada burung jantan, bagian muka dan tenggorokan (atau kepala) kehitaman dengan setrip putih di bagian pipi, dan bintik putih di belakang mata; tubuh bagian bawahnya berwarna kuning.

Pada burung betina tidak terdapat warna hitam di bagian muka dan tenggorokan, tenggorokannya berwarna putih, kontras dengan dada dan perut yang berwarna kuning-pucat. Seluruh ekornya berwarna hitam. Burung muda mirip burung betina dengan tenggorokan berwana kuning. Burung betina mirip Remetuk perut-emas, dibedakan oleh tidak adanya bintik putih pada bagian kekang dan warna putih yang sampai bagian dada; tidak hanya di tenggorokan seperti pada betina Remetuk bidadari. Burung betina juga mirip Remetuk tunggir-hijau, dibedakan oleh ekornya yang lebih pendek.
Setelah mengenal tentang burung remetuk laut dan remetuk rawa,masih ada satu lagi jenis burung remetuk yang sayang untuk ditinggalkan yaitu remetuk bidadari. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini dikenal dengan nama Fairy Gerygone (Gerygone palpebrosa)
http://www.bushpea.com/

Suara burung remetuk bidadari terdengar seperti suara burung jenis Remetuk lain dan juga beberapa vareasi suara dari jenis Kerak basi. Suara dengan lagu pendek diulang beberapa kali, disertai dengan vareasi lainnya, dan disusul dengan pola yang berbeda kembali, dan demikian seterusnya. Juga melantunkan kicauan yang berirama sederhana, naik-turun, dan diulang-ulang.

Berikut ada 2 audio suara burung remetuk bidadari,silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Spesies burung ini dapat dijumpai di Pulau papua dan pulau-pulau kecil disekitarnya, serta juga dapat dijumpai di Australia. Terdiri dari enam ras atau sub spesies yang tersebar dengan wilayah yang berbeda,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Gerygone palpebrosa palpebrosa (Wallace, 1865): bagian barat pulau Papua (termasuk Kelompok Pulau Papua Barat) dan Kep. Aru.
  2. Gerygone palpebrosa wahnesi (A. B. Meyer, 1899): P. Yapen dan bagian utara pulau Papua. Ciri: mahkota sampai tengkuk burung jantan berwarna sama dengan bagian mantel/punggung.
  3. Gerygone palpebrosa tarara (Rand, 1941): bagian selatan pulau Papua dari sungai Morehead ke timur sampai sungai Fly.
  4. Gerygone palpebrosa inconspicua (E. P. Ramsay, 1878): bagian tenggara pulau Papua dari timur hulu sungai Fly. Ciri: mahkota sampai tengkuk burung jantan berwarna hitam.
  5. Gerygone palpebrosa personata (Gould, 1866): bagian timur-laut Queensland (Semenanjung Cape York ke selatan sampai sungai Mitchell dan wilayah Townsville), di Australia timur-laut.
  6. Gerygone palpebrosa flavida (E. P. Ramsay, 1877): pesisir bagian tengah Queensland dari sekitar Cooktown ke selatan sampai Gin Gin.
Di habitat aslinya,burung ini kerap terlihat dalam kelompok kecil yang sering bergabung dalam kelompok campuran berbagai jenis. Sering teramati saat terbang melayang di antara dedaunan pada kanopi dan lapisan tengah hutan primer, hutan sekunder yang lebih tua, dan hutan monsun sampai ketinggian 1450 mdpl.
Back To Top