Burung Sempur Hujan Rimba

Sempur hujan rimba atau Banded Broadbill (Eurylaimus javanicus) adalah jenis burung kicau yang berukuran besar dengan panjang tubuhnya sekitar 21 cm dan berwarna keunguan. Kepala besar, paruh biru kokoh dan sangat lebar. Kepala dan kerongkongan merah jambu keabu-abuan, garis dada sempit. Punggung dan sayap kehitaman, ditandai oleh bulu kuning yang panjang dan rapat, garis melintang kuning, serta bintik putih pada sisi depannya. Pangkal ekor tertutup bulu kuning yang panjang besar. Tubuh bagian bawah keunguan, dada jantan bergaris abu-abu gelap, tunggir kuning.Iris biru, paruh biru kehijauan dengan ujung hitam, kaki kemerahjambuan.
Sempur hujan rimba atau Banded Broadbill (Eurylaimus javanicus) adalah jenis burung kicau yang berukuran besar
http://orientalbirdimages.org/

Spesies burung ini terdiri dari 5 sub-spesies, dengan daerah persebaran sebagai berikut:
  1. Eurylaimus javanicus friedmanni (Deignan, 1947) – Myanmar tenggara, Thailand (selatan Isthmus-Kra) dan Indochina.
  2. Eurylaimus javanicus pallidus (Chasen, 1935) – Thailand selatan (selatan Isthmus-Kra) dan Semenanjung Malaysia; dahulu juga ada di Singapura.
  3. Eurylaimus javanicus harterti (van Oort, 1909) – Sumatera, Riau (Bintan), Bangka dan Belitung.
  4. Eurylaimus javanicus brookei (Robinson & Kloss, 1919) – Kalimantan dan P. Natuna utara.
  5. Eurylaimus javanicus javanicus (Horsfield, 1821) – Jawa.
Di Indonesia sendiri,persebaran burung ini di Sumatera dan Kalimantan jarang terlihat ada sampai ketinggian 1000 m. Sedangkan di pulau Jawa,burung ini menghuni kawasan sampai ketinggian 1500 mdpl. Sering mengunjungi tingkatan atas dan bawah dari hutan primer, hutan sekunder, hutan kerangas, dan perkebunan. Makanan burung ini adalah jangkrik besar, laba-laba, belalang ranting dsb.

Suara burung ini berupa nada siulan berdenging memelas. Nyanyian terdiri dari deretan nada nyaring yang dimulai dengan nada tunggal “yeow”, meninggi, lalu menurun. Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top