Burung sikatan sumba

Burung sikatan sumba atau Sumba brown flycatcher (Muscicapa segregata) adalah jenis burung pengicau dari keluarga Muscicapidae. Burung ini memiliki ukuran sedang dengan panjang tubuhnya sekitar 13 cm. Tubuh bagian atas coklat keabu-abuan, tubuh bagian bawah keputih-putihan, lingkar-mata pucat, dan dada bercoret samar.
Burung sikatan sumba atau Sumba brown flycatcher (Muscicapa segregata) adalah jenis burung pengicau dari keluarga Muscicapidae
IMG BY http://www.hbw.com/

Tampilan burung ini sangat mirip dengan burung Sikatan bubik,akan tetapi paruhnya lebih panjang dan dengan formasi bulu-bulu primer pada ujung sayap ke-6 sampai ke-8 hampir sama, sedang pada Sikatan bubik yang terpanjang adalah yang ke-7 dan ke-8 (dihitung dari sayap tengah ke arah luar).

Burung ini merupakan spesies burung Endemik Indonesia, dengan persebaran terbatas di P. Sumba. Habitat aslinya menghuni kawasan hutan dataran rendah lembab, sampai ketinggian 500m, juga di hutan sekunder dan tepi hutan yang berbatasan dengan ladang.

Kebiasaan burung ini umumnya bertengger pada dahan yang terbuka menunggu serangga lewat, terbang menyambar kemudian kembali ke tenggeran semula. Juga berburu serangga di lantai hutan dan tajuk bawah hutan. (Seperti dikutip dari situs kutilang.or.id).Untuk suara kicaunya,timkicau belum mendapatkan refferensi yang akurat tentang suara burung ini.
Back To Top