Dengarkan Suara Kicau Variable Sunbird

Burung variable sunbird atau juga dikenal dengan yellow-bellied sunbird (Cinnyris venustus) (sekarang Nectarinia venusta), adalah salah satu spesies burung sunbird (burung madu). Burung ini merupakan spesies burung madu yang habitatnya terdapat di beberapa negara di Benua Afrika.
Burung variable sunbird atau juga dikenal dengan yellow-bellied sunbird (Cinnyris venustus) (sekarang Nectarinia venusta)
http://www.hbw.com/

Terdiri dari 5 sub spesies dengan wilayah penyebaran sebagai berikut:
  1. C. v. venustus (Shaw, 1799) – Senegal, Gambia dan Sierra Leone timur hingga Nigeria,Cameroon dan Republik Afrika Tengah.
  2. C. v. fazoqlensis (Heuglin, 1873) – Sudan, Eritrea dan Ethiopia bagian barat.
  3. C. v. albiventris (Strickland, 1852) – Ethiopia, Somalia dan Kenya.
  4. C. v. falkensteini G. A. Fischer & Reichenow, 1884 – Sudan,Kenya, Gabon ,Angola ,Congo, Tanzania, Zambia, Malawi, Zimbabwe dan Mozambique.
  5. C. v. igneiventris Reichenow, 1899 – Congo, Uganda, Rwanda dan Burundi.
Burung ini berukuran kecil dengan panjang tubuhnya sekitar 10–11 cm. Memiliki warna bulu yang hampir menyerupai burung Kolibri Kelapa. Pada bagian atas kepalanya berwarna hijau metalik hingga bagian punggung,muka hitam,tenggorokan dan leher biru metalik kehitaman,bagian bawah tubuhnya kuning. Paruh panjang melengkung berwarna hitam,ekor hitam,sayap hitam dan kaki hitam untuk burung jantan. Sedangkan burung betina berwarna kusam dengan sebagian besar tubuhnya dibalut dengan bulu berwarna hijau zaitun seperti jenis Burung Madu pada umumnya.

Suara burung ini cukup bagus dengan beberapa vareasi lagu kicauan. Berikut ada 3 audio suara burung variable sunbird koleksi timkicau yang bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top