Myzomela Kepala Merah

Burung Myzomela kepala merah atau disebut dengan red-headed myzomela ataupun red-headed honeyeater dalam bahasa Inggrisnya dan memiliki nama latin (Myzomela erythrocephala) ini adalah jenis burung pengicau dari keluarga Meliphagidae yang dapat dijumpai di kawasan Australia , Indonesia , dan papua nugini .Burung ini memiliki ukuran kecil (11 cm) dan hanya hidup di hutan mangrove untuk habitat aslinya.
Burung Myzomela kepala merah atau disebut dengan red-headed myzomela ataupun red-headed honeyeater dalam bahasa Inggrisnya dan memiliki nama latin (Myzomela erythrocephala)

Jantan mudah dikenali dari kepala dan tunggirnya yang merah. Betina menyerupai betina myzomela lainnya yang berwarna lebih kusam. Jenis burung yang memiliki kemiripan fisik dengan burung ini adalah Myzomela remang,namun spesies ini tidak memiliki warna merah-jambu di bagian muka dan lebih kecil daripada Myzomela kepala-merah betina.

Suara burung ini terdengar seperti kata “chirp” yang lemah, juga siulan-siulan parau.Maaf untuk suara kicaunya belum kami temukan yang asli rekaman hutan.

Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda,diantaranya adalah:
  1. Myzomela erythrocephala infuscata W. A. Forbes, 1879 – Kep. Aru, pesisir selatan Papua (Teluk Triton ke timur sampai Domara, bagian timur Cape Rodney) dan kepulauan di Terusan Torres.
  2. Myzomela erythrocephala erythrocephala Gould, 1840 – Kepulauan di Teluk Torres bagian tengah dan selatan, dan Australia. Di habitat aslinya,burung ini dapat dijumpai menghuni kawasan hutan mangrove dan hutan pesisir.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.Reff kutilang.or.id
Tag : Dunia Burung
Back To Top