Myzomela Sumba Burung Endemik Indonesia

Burung Myzomela Sumba atau yang dikenal dengan Sumba myzomela dalam bahasa Inggrisnya dan memiliki nama latin (Myzomela dammermani) ini merupakan jenis burung pengicau dari keluarga Meliphagidae. Spesies burung ini dikelompokkan kedalam Genus: Myzomela. Memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang sekitar 11 cm dan memiliki warna bulu yang menyerupai burung jenis cabai atau flowerpecker.

Burung Jantan berwarna merah tua pada bagian kepala dan Tunggir. Mantel dan sayap atas kehitaman bergabung dengan warna abu-abu pada tepian sayap yang terlipat. Leher bawah sampai dada kehitaman yang semakin memudar menjadi abu-abu pucat di perut sampai tungging. Sisi sayap bagian dalam putih dengan tepian kelabu gelap. Paruh hitam, kaki kelabu gelap sampai coklat kehitaman.
Burung Myzomela Sumba atau yang dikenal dengan Sumba myzomela dalam bahasa Inggrisnya dan memiliki nama latin (Myzomela dammermani) ini merupakan jenis burung pengicau dari keluarga Meliphagidae
http://www.hbw.com/

Sedangkan untuk burung betina-nya mirip dengan betina burung Myzomela kepala-merah. Yaitu berwarna coklat abu-abu kusam di bagian atas tubuhnya yang lebih gelap,bagian bawah tubuhnya putih keabu-abuan pucat dan warna merah di bagian kepala hanya sedikit atau berupa bercak-bercak merah di bagian dahi,pipi dan tenggorokan.

Suara burung ini cukup unik dengan sedikit vareasi yang berupa siulan-siulan lucu. Berikut ada satu file audio suara burung Myzomela Sumba yang bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Burung ini merupakan spesies burung Endemik Indonesia yang wilayah persebarannya terbatas hanya di P. Sumba dan beberapa diantaranya juga tercatat dijumpai di P. Roti, NTT. Burung ini adalah jenis burung penetap yang umumnya dijumpai di hutan primer sampai tepi hutan yang dimulai dari dataran rendah sampai ketinggian 930 m.
Back To Top