Burung Sempur Hujan Darat

Burung sempur hujan darat atau yang dikenal Black-and-yellow Broadbill (Eurylaimus ochromalus) dalam istilah penyebutan internasional perburungannya ini merupakan salah satu burung jenis Sempur Hujan atau Broadbill yang habitatnya dapat dijumpai di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubub kecil dengan panjang tubuhnya sekitar 15 cm.

Tubuhnya dihiasi dengan bulu yang berwarna-warni. Pada bagian Paruh berwarna biru, kepala hitam, kerah puih khas. Tubuh bagian atas umumnya hitam, tungging kuning, sayap burik, ada bintik putih pada terminal ekor. Tubuh bagian bawah merah jambu bergradasi ke kuning pada tunggir, terdapat pita hitam melintang pada dada atas (sebagian pada betina), paha hitam. Remaja: berwarna lebih suran, dahi kuning.Iris kuning, paruh kebiruan, kaki merah jambu.
Burung sempur hujan darat atau yang dikenal Black-and-yellow Broadbill (Eurylaimus ochromalus) dalam istilah penyebutan internasional perburungannya ini merupakan salah satu burung jenis Sempur Hujan atau Broadbill

Suara Sangat mencolok dan sering terdengar. Suara sangat mirip Sempur-hujan rimba, berupa deretan suara monoton selama kira-kira tujuh detik, tetapi tanpa siulan pendahuluan atau nada akhir yang perlahan menghilang. Suara lainnya yaitu sorak tinggi yang memelas.

Penyebaran dan ras Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Sumatra (termasuk Kep. Banyak, Kep. Batu), Bangka, Belitung, Natuna utara dan Kalimantan (termasuk Pulau Laut, di pesisir selatan).

Burung ini biasa terdapat di hutan primer dan hutan sekunder, sampai ketinggian 900 m di Sumatera (termasuk kepulauan di sekitarnya) dan Kalimantan (termasuk Kep. Natuna). Memburu serangga dari tenggeran rendah di hutan. Berdiam pada tajuk bawah dan tajuk tengah.
Back To Top