Suara Burung Cikrak Mahkota

Burung cikrak mahkota atau Cikrak mahkota-coklat maupun cikrak mahkota kuning ini merupakan salah satu jenis burung cikrak yang dapat dijumpai di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya burung ini dikenal dengan Chestnut-crowned warbler yang memiliki nama latin (Seicercus castaniceps). Burung ini merupakan spesies burung cikrak dalam famili Phylloscopidae. Burung Cikrak mahkota-coklat tersebar dari Himalaya sampai Tiongkok selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, dan Sumatera .

Terdiri dari sembilan subspesies, dengan daerah persebaran yang berbeda,diantaranya adalah sebagai berikut:
Burung cikrak mahkota atau Cikrak mahkota-coklat maupun cikrak mahkota kuning ini merupakan salah satu jenis burung cikrak yang dapat dijumpai di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya burung ini dikenal dengan Chestnut-crowned warbler yang memiliki nama latin (Seicercus castaniceps).
img credited to http://orientalbirdimages.org/

1. S. c. castaniceps (Hodgson, 1845), tersebar di India utara (Uttaranchal sampai Arunachal Pradesh, juga di perbukitan selatan Sungai Brahmaputra di Nagaland dan Manipur ), Nepal , Bhutan , China selatan (Xizang, Yunnan barat), Bangladesh (Chittagong Hill Tracts) dan Myanmar barat dan utara.
2. S. c. sinensis (Rickett, 1898), tersebar di berbiak di China tengah dan selatan (Shaanxi sampai Sichuan dan Fujian), Laos utara dan Vietnam utara (Tonkin barat dan timur, Annam utara); di luar musim berbiak ke China tenggara (Guizhou selatan dan Yunnan tenggara ke timur sampai Fujian selatan, ke selatan sampai Guangxi dan Guangdong).
3. S. c. laurentei (La Touche, 1922), tersebar di Yunnan tenggara (Mengzi) dan Guangxi selatan (Pegunungan Yaoshan), di ujung selatan China .
4. S. c. collinsi (Deignan, 1943), tersebar di Myanmar timur dan Thailand timur laut.
5. S. c. stresemanni (Delacour, 1932), tersebar di Laos selatan (Bolovens) dan Kamboja barat daya (Pegunungan Cardamom).
6. S. c. annamensis (Robinson dan Kloss, 1919), tersebar di Vietnam selatan-tengah (Langbian Plateau).
7. S. c. youngi (Robinson, 1915), tersebar di Semenanjung Thailand.
8. S. c. butleri (E. J. O. Hartert, 1898), tersebar di pegunungan di Semenanjung Malaysia.
9. S. c. muelleri (Robinson dan Kloss, 1916), tersebar di Sumatera .

Bergerak lincah di antara dedaunan pada tajuk rendah, saat mencari makan bersama dalam kelompok yang sering berbaur dengan berbagai jenis burung lain di daerah perbukitan pada rentang ketinggian antara 1200 hingga 1400 mdpl.

Kicauan bernada tinggi dan mengalun. Juga cicitan bernada ganda yang keras “ ci-ci” dan “ tsik ”.Berikut ada 2 file audio suara burung cikrak mahkota yang sudah dipelihara. Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Suara Cikrak Mahkota
Referensi 1. ^ BirdLife International (2012). " Seicercus castaniceps" . IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2 . International Union for Conservation of Nature .
Tag : suara burung
Back To Top