Suara Burung Remetuk Dada Cokelat

Burung remetuk dada-cokelat atau yang juga dijenal dengan remetuk pakis ini merupakan salah satu dari sekian banyak jumlah burung remetuk yang terdapat di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini disebut dengan brown-breasted gerygone (Gerygone ruficollis). Remetuk dada coklat mempunyai panjang tubuh sekitar 9,5 cm. Tubuh bagian bawah atas cokelat, sedangkan bagian bawah putih. Ujung ekornya juga putih.

Penampilan burung ini mirip dengan burung Remetuk Kelabu. Perbedaannya terletak pada tubuh bagian bawah yang putih bersih, dan tubuh bagian atas yang berwarna abu-abu. Remetuk dada-cokelat termasuk burung pemalu. Fisiknya jarang terlihat, sehingga hanya suaranya saja yang terdengar mengalun merdu di antara rimbunan pepohonan di hutan-hutan terbuka, atau hutan sekunder.
Burung remetuk dada-cokelat atau yang juga dijenal dengan remetuk pakis ini merupakan salah satu dari sekian banyak jumlah burung remetuk yang terdapat di Indonesia

Suara kicauan burung ini berupa rangkaian siulan panjang yang sendu dengan nada tinggi, lalu menurun dengan irama monoton dan datar. Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Habitat asli burung ini menghuni daerah pinggiran kebun, semak belukar yang ada di padang rumput pegunungan tinggi, serta lahan-lahan terbuka di pedesaan hingga ketinggian 1.450 – 3.400 meter dari permukaan laut.

Burung remetuk dada-cokelat terdiri atas dua subspesies yang tersebar di jajaran pegunungan Papua,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Gerygone ruficollis ruficollis (Salvadori, 1876): bagian barat-laut pulau Papua (Peg. Arfak).
  2. Gerygone ruficollis insperata (De Vis, 1892): jajaran pegunungan tengah pulau Papua ke timur sampai wilayah Owen Stanley, termasuk Semenanjung Huon.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
Back To Top