Suara Burung Remetuk kelabu

Selain ada remetuk laut,remetuk rawa dan remetuk biak yang pernah kami ulas di situs ini,masih ada beberapa jenis burung remetuk yang terdapat di Indonesia. Salah satunya adalah Remetuk Kelabu atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Grey Gerygone.Burung ini berukuran kecil dengan panjang tubuhnya hanya 9 cm. Seluruh bulu tubuh bagian bawahnya berwarna putih, sementara bulu tubuh bagian atasnya berwarna abu-abu terang.

Penampilannya mirip dengan burung Remetuk dada-coklat, perbedaannya terdapat pada bercak-putih pada ekor, tubuh bagian atas berbulu coklat, lingkaran-mata hanya sebagian, dan corengan coklat di kedua sisi dada. Mirip juga dengan burung Remetuk papua, perbedaannya ukuran ekor lebih pendek, dan hidup dalam kelompok yang sangat aktif.
Remetuk Kelabu atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Grey Gerygone
http://www.birdforum.net/

Suara burung ini cukup merdu dengan nada yang terdengar seperti kata ” Tee tee tee ” atau ” Tee ta tee ” dalam nada tinggi. Kemudian diselingi dengan suara celotehan ” zznzt zznzt ” mirip celoteh jenis-jenis burung myzomela. Juga kicauan berupa rangkaian berirama yang lambat, lemah, semakin menurun, dan jarang dilantunkan. Berikut ada 2 file audio mp3 suara burung remetuk kelabu. Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Penyebaran burung ini meliputi daerah Kepala Burung (Vogelkop) (Peg. Arfak) dan jajaran pegunungan di bagian tengah, timur, dan tenggara pulau Papua. Hidup dalam kelompok kecil yang aktif di dedaunan. Menghuni lapisan tengah dan kanopi hutan pegunungan serta tepi hutan pada rentang ketinggian antara 1750 – 2700 mdpl.
Back To Top