Burung Sempur Hujan Sungai

Burung sempur hujan sungai adalah satu diantara jenis burung sempur hujan yang terdapat di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini dikenal dengan Black-and-red Broadbill (Cymbirhynchus macrorhynchos). Memiliki tubub berukuran besar sekitar 23 cm. Tubuh bagian bawah merah tua, dada berpita hitam, paruh besar berwarna kuning dan biru. Tubuh bagian atas hitam, terdapat strip putih khas pada sayap. Tunggir merah pada, membedakannya dengan Sempur-hujan darat. Remaja: tenggorokan lebih abu-abu, perut kekuningtuaan dan tersapu merah. Iris hijau, paruh atas biru dan paruh bawah kuning, kaki biru keunguan.
Burung sempur hujan sungai adalah satu diantara jenis burung sempur hujan yang terdapat di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini dikenal dengan Black-and-red Broadbill (Cymbirhynchus macrorhynchos)
http://www.worldtwitch.com/
Spesies burung ini terdiri dari 4 sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Cymbirhynchus macrorhynchos affinis (Blyth, 1846) – Myanmar barat-daya.
  2. Cymbirhynchus macrorhynchos siamensis (Meyer de Schauensee & Ripley, 1940) – Myanmar selatan (Tenasserim), Thailand selatan (kecuali ujung selatan), Kamboja, Laos selatan dan Vietnam selatan.
  3. Cymbirhynchus macrorhynchos malaccensis (Salvadori, 1874) – ujung selatan Thailand dan Semenanjung Malaysia; dahulunya juga di Singapura.
  4. Cymbirhynchus macrorhynchos macrorhynchos ( J. F. Gmelin, 1788) – Sumatra, Bangka, Belitung, dan Kalimantan (termasuk Pulau Laut, di pesisir selatan).
Tempat hidup dan Kebiasaan Burung penetap yang umum ditemui di hutan dataran rendah sampai ketinggian 900 m di Sumatera (termasuk Bangka & Belitung) dan Kalimantan. Memburu serangga dari tenggeran yang terbuka pada tajuk atas atau tajuk bawah, Biasanya ditemukan di pinggir hutan, sepanjang aliran sungai, aliran air, atau di jalan.

Makanan utamanya serangga, tetapi juga memakan buah-buahan dan bagian tanaman lainnya. Sering mengunjungi tajuk bagian tengah dan bawah, biasanya di dekat aliran air. Secara umum tidak mencolok, bertengger diam dalam tajuk yang rapat. Kadang juga di percabangan bawah yang menjulur diatas sungai. Sarang biasanya menggantung diatas aliran sungai. Jumlah telur 2-3 butir. Suara burung ini monoton yang terdengar seperti kata “wiark” dan getaran meninggi, lebih lembut dan singkat dibandingkan suara Sempur-hujan darat.
Back To Top