5 Sarang Burung Terunik Versi Timkicau

5 Sarang Burung Terunik Versi Timkicau. Burung adalah makhluk hidup yang diberi kemampuan untuk terbang diudara. Namun ada juga beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang tinggi. Perbedaan ini membuat cara hidup masing-masing spesies berbeda,termasuk cara untuk berkembang biak. Burung yang dominan berada di pohon biasanya membuat sarang diatas,sementara burung yang lebih banyak waktunya berada di tanah akan membuat sarang di tanah atau tidak ditempat yang rendah.

Berikut ini timkicau merangkum 5 sarang burung yang unik di berbagai dunia. Silahkan simak artikelnya dibawah ini.

1. Burung Namdur
5 Sarang Burung Terunik Versi Timkicau

Burung namdur atau Bowerbird adalah jenis burung yang dikenal memiliki kemampuan mendesain sarang,khususnya untuk burung Jantan. Selebihnya tentang burung namdur bisa kalian baca pada artikel sebelumnya DI SINI. Sarang burung ini berada ditanah yang dihiasi dengan warna-warna dan penataan yang unik. Tujuannya adalah untuk menarik pethatiaan burung betina. Berikut ini adalah contoh sarang burung namdur.

2. Burung Manyar / Tempua
5 Sarang Burung Terunik Versi Timkicau

Burung manyar adalah burung pemakan bijian dengan paruh yang pendek dan tebal. Burung ini adalah jenis burung yang suka berkoloni atau berkumpul dalam jumlah yang banyak. Tidak hanya berkumpul dalam mencari makanan,burung-burung ini juga berkumpul dalam berkembang biak. Ibarat manusia seperti hidup dalam sebuah desa atau komplek dalam satu lingkungan yang terdiri dari beberapa rumah. Ada beberapa jenis dan model sarang burung manyar yang dibuat sangat rapih dengan menggunakan dedaunan. Berikut adalah contoh-contoh sarang burung manyar dengan jenis yang berbeda-beda.

3. Prenjak/Tailorbird
5 Sarang Burung Terunik Versi Timkicau

Burung prenjak adalah burung pengicau yang memiliki kemampuan merajut dalam membuat sarang. Dalam klasifikasinya,burung ini dimasukkan kedalam keluarga Cisticolidae yang masih satu family dengan Ciblek (Prinia) dan Burung Cici (cisticola). Sarang burung prenjak dibuat dengan cara direkatkan dengan 2 atau 3 helai daun pepohonan yang lebar. Sarang burung ini tidak begitu terlihat dan cukup sulit mencarinya jika posisi sarang cukup tinggi. Berikut adalah contoh sarang burung Prenjak.

4. Burung Madu
5 Sarang Burung Terunik Versi Timkicau

Burung madu (sunbird)yang umum disebut Kolibri di Indonesia ini juga memiliki sarang yang unik. Sarangnya berbentuk seperti sarang burung Manyar,hanya saja ukurannya lebih kecil dan tidak berkoloni serta bentuknya seperti sarang yang sudah lusuh atau tidak dihuni. Lain spesies lain pula bentuk sarangnya,ada yang menggantung dengan ukuran yang pendek,ada pula yang panjang serta ada juga yang dihiasi seperti penutup di bagian pintunya. Berikut ini adalah contoh salah satu sarang jenis burung madu.

5. Branjangan Lumpur
5 Sarang Burung Terunik Versi Timkicau

Burung ini adalah jenis burung yang habitatnya dapat dijumpai di Indonesia bagian Timur. Spesies ini tergolong dalam keluarga Monarchidae yang dikelompokkan kedalam Genus: Grallina. Terdapat 2 spesies branjangan lumpur (magpie lark), yaitu Australian Magpie-lark (Grallina cyanoleuca) dan Torrent-lark (Grallina bruijni).

Sekilas,sarang burung ini terlihat biasa saja dan seperti sarang berbentuk mangkuk pada umumnya,namun ada perbedaan yang unik. Selain dibuat dari serat dedaunan,sarang burung ini dilapisi dengan lumpur yang membuatnya terlihat sangat rapih dan lebih halus yang direkatkan pada ranting pohon. Berikut adalah contoh sarang burung branjangan lumpur.

Demikian tadi model-model sarang unik burung versi Timkicau. Masih ada banyak sekali model sarang burung yang mungkin luput dari pengetahuan kami.
Back To Top