Burung Myzomela Remang

Burung Myzomela remang atau dusky myzomela yang juga dikenal dengan dusky honeyeater dalam bahasa Inggrisnya ini merupakan spesies burung dari keluarga Meliphagidae yang memiliki nama latin (Myzomela obscura).Terdiri dari delapan subspesies, dengan daerah persebaran yang berbeda,diantaranya adalah sebagai berikut:
Burung Myzomela remang atau dusky myzomela yang juga dikenal dengan dusky honeyeater dalam bahasa Inggrisnya ini merupakan spesies burung dari keluarga Meliphagidae yang memiliki nama latin (Myzomela obscura)
http://www.arthurgrosset.com/
  1. M. o. obscura (Gould, 1843), tersebar di Kepulauan Tiwi (Pulau Bathurst dan Pulau Melville) dan Northern Territory bagian utara (Arnhem Land), di Australia utara.
  2. M. o. mortyana (E. J. O. Hartert, 1903), tersebar di Morotai , lepas pantai utara Halmahera .
  3. M. o. simplex (G. R. Gray, 1861), tersebar di Halmahera, Ternate , Tidore , Kasiruta , Bacan dan Damar ( Maluku bagian utara).
  4. M. o. rubrotincta (Salvadori, 1878), tersebar di Obi dan Bisa , di Maluku utara.
  5. M. o. fumata (Bonaparte, 1850), tersebar di Papua dari selatan daerah Kepala Burung-Vogelkop ( Sorong ke selatan) ke timur di sepanjang pesisir selatan, termasuk Pulu Adi (Teluk Triton), sampai Trans-Fly dan Teluk Milne dan di tenggara, pada pesisir utara bagian timur Popondetta,juga kepualauan di Terusan Torres bagian utara (juga di Boigu dan Sabai).
  6. M. o. rubrobrunnea (A. B. Meyer, 1874), tersebar di Pulau Biak , di Teluk Cendrawasih ( Papua ).
  7. M. o. aruensis (Kinnear, 1924), tersebar di Kepulauan Aru .
  8. M. o. harterti (Mathews, 1911), tersebar di kepulauan di Teluk Torres bagian tengah dan selatan, dan Australia bagian timur laut.
Di habitat aslinya,burung ini dapat dijumpai di hutan bakau, savana, semak, tepi hutan dan daerah pinggiran kota, dari ketinggian permukaan laut sampai dengan ketinggian 100 m dpl. Sering terlihat mencari makan di habitat terbuka, di dedaunan atau rumpun bunga. Makanan utamanya berupa nektar bunga dan serangga.
Tag : Dunia Burung
Back To Top