Burung Opior Kalimantan

Burung Opior Kalimantan (Oculocincta squamifrons) adalah spesies burung di dalam keluarga besar Zosteropidae. Burung ini merupakan satu-satunya spesies atau monotypic dalam genus Oculocincta. Opior Kalimantan merupakan spesies burung endemik yang menghuni kawasan rimba bukit dan rimba pegunungan daerah rendah Pulau Kalimantan bagian utara.

Makanan burung ini berupa buah-buahan seperti buah berry kecil, buah, biji, dan juga memakan serangga. Spesies burung Opior kalimantan adalah spesies burung opior terkecil yang memiliki ukuran panjang tubuh hanya 9 cm sehingga dalam bahasa Internasional perburungannya burung ini disebut dengan pygmy white-eye, atau juga dikenal dengan pygmy ibon.
Burung Opior Kalimantan (Oculocincta squamifrons) adalah spesies burung di dalam keluarga besar Zosteropidae

Memiliki warna bulu abu-abu-zaitun,mahkota depan berbintik putih, tubuh bagian bawah putih dan abu-abu-kekuningan. Lingkar mata putih, namun sulit dilihat ketika di alam. Iris kuning-tua; paruh coklat-hitam; kaki hijau-tua.Endemik atau hanya diketahui hidup di Kalimantan.

Menghuni hutan lumut dan semak-semak pada rentang ketinggian 1000 – 2500 mdpl. meski ada laporan perjumpaan pada ketinggian 200 mdpl. Terkesan agak jinak dan umumnya terlihat di vegetasi bawah. Persebarannya lebih banyak di Pulau Kalimantan bagian utara, diantaranya di G. Kinabalu sampai G. Penrissen, meski ada juga catatan perjumpaan di G.Dulit, G. Mulu, dan G.Magdalena.

Suara burung ini berupa siulan pendek dan juga suara panggilan seperti suara burung kaladi maupun suara khas pelatuk bawang namun dengan volume yang lebih lirih yang bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top