Kancilan Kepala Hitam

Burung Kancilan Kepala Hitam atau black-headed whistler (Pachycephala monacha) adalah spesies burung pengicau dari keluarga Pachycephalidae .Burung ini memiliki habitat asli di Indonesia dan Papua Nugini yang memiliki ukuran tubuh sedang sekitar 16 cm. Burung jantan berbulu hitam,kecuali pada dada bagian bawah dan perut yang berwarna putih. Pada burung betina, warna hitam digantikan dengan warna abu-abu.

Mirip Kehicap bertopi yang menghuni hutanpamah, hanya dapat dibedakan dari ukurannya yang lebih besar dan lebih nampak pendek-gemuk serta lebih pendiam. Mirip Sikatan satin, bedanya Sikatan satin lebih aktif mengibas-ngibaskan ekornya. Terpencar-pencar di Pulau Papua, menghuni lembah-lembah di pegunungan tengah Pegunungan Jayawijaya, Dataran Tinggi Tengah dan Timur, serta Kawasan Pesisir Utara dan Tenggara.
Kancilan Kepala Hitam atau black-headed whistler (Pachycephala monacha) adalah spesies burung pengicau dari keluarga Pachycephalidae

Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran:
  • monacha (G. R. Gray, 1858): Kepulauan Aru, di ujung barat-laut Pulau Papua.
  • lugubris (Salvadori, 1878): Terpencar di pegunungan Pulau Papua dari Pegunungan Charles Louis, muara sungai Mimika dan sungai Utanata, Jajaran Pegunungan Jayawijaya dan Victor Emanuel, dan lembah utara Pegunungan Bewani, sungai Puwani dan Pegunungan Saruwaged ke timur sampai Pegunungan Owen Stanley.
Tempat hidup dan Kebiasaan Burung penetap, menghuni kanopi terbuka pohon perindang, di laur hutan dan habitat yang terganggu, di lembah-lembah pegunungan tengah; serta umum di kota-kota dataran tinggi. Hidup pada rentang ketinggian antara 750 – 1600.Makanan burung ini adalah serangga.

Suara Kicauan burung ini sangat khas dengan jenis-jenis burung Kancilan yang keras dan nembak-nembak. Juga siulan dalam berbagai variasi “ hoo- hoo- hoo- hoo- hoo-WHIT” ; whit whit whit whit WHIT”;” wi teur teur we TYUR”; “wita yu – wita yu”.Silahkan bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini:
  1. Suara Kancilan Kepala Hitam
  2. Suara Kancilan Kepala Hitam
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top