Suara Bubut Pacar Jambul

Burung bubut pacar jambul atau chestnut-winged cuckoo yang juga dikenal dengan red-winged crested cuckoo (Clamator coromandus) ini adalah spesies burung dari keluarga Cuculidae yang masih satu keluarga dengan Burung Kadalan dan Burung Tuwu yang dapat dijumpai di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh besar dengan panjang tubuhnya sekitar 45 cm.

Memiliki warna bulu yang indah dengan kombinasi warna hitam, putih, dan coklat-kemerahan. Ekor panjang dengan jambul tegak yang terlihat hampir mirip Burung Cililin. Kepala bagian atas dan jambul berwarna hitam, punggung dan ekor hitam mengkilap kebiruan,sayap coklat-berangan,tenggorokan dan dada coklat-jingga,kerah dan perut keputih-putihan.
Burung bubut pacar jambul atau chestnut-winged cuckoo yang juga dikenal dengan red-winged crested cuckoo (Clamator coromandus)
img credited to https://www.thainationalparks.com

Tubuh bagian atas burung muda berpola warna seperti sisik-sisik coklat, dengan tenggorokan dan dada keputih-putihan.Iris mata coklat-merah,paruh dan kaki hitam.Suara burung ini berupa suara teriakan yang keras dan kasar yang terdengar seperti kata “ecii-ke-kek” serta siulan parau.Berikut ada 2 vareasi suara burung bubut pacar jambul yang bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Di negara kita,burung ini statusnya sebagai burung migran. Habitat dan tempat hidup untuk berkembangbiak burung ini terdapat di India, Cina selatan, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Saat musim dingin,burung ini akan bermigrasi ke selatan menuju Filiphina, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Lingga, Bangka, Mentawai, hingga Pulau Jawa.

Burung ini termasuk jenis burung yang pemalu. Habitat aslinya menghuni kawasan vegetasi rendah di hutan semak, hutan mangrove, lahan pertanian, dan pekarangan sampai dengan ketinggian 1500 mdpl. Makanan burung ini berupa serangga.
Back To Top