Burung Cambuk Papua

Burung cambuk papua atau Papuan Whipbird (Androphobus viridis) adalah spesies burung dari keluarga Psophodidae yang dipisahkan kedalam Genus: Androphobus. Burung ini memiliki ukuran panjang tubuhnya sekitar 17 cm dan berbulu hijau-lumut gelap dengan kombinasi warna abu-abu dan hitam.

Bulu-bulu bagian muka, tenggorokan, dan dada burung jantan berwarna hitam dengan setrip putih yang nampak seperti ‘kumis’. Warna hitam pada burung jantan digantikan dengan warna abu-abu pada burung betina, kecuali pada warna bagian muka yang digantikan oleh warna zaitun, dan tanpa ‘kumis’. Burung muda sangat mirip dengan burung jantan tanpa ‘kumis’.
Papuan Whipbird (Androphobus viridis) adalah spesies burung dari keluarga Psophodidae yang dipisahkan kedalam Genus: Androphobus.
img credited to http://www.taenos.com

Burung betina mirip jenis-jenis burung-buah Melanocharis, dibedakan oleh ukuran yang lebih besar. Juga mirip betina Paruh-bajak, dibedakan oleh warna dada yang abu-abu. Spesies burung ini hanya diketahui dari empat spesimen yang dikoleksi dari bagian barat P. Papua, di daerah sekitar Peg. Jayawijaya yaitu: G. Goliath, Peg. Weyland, dan wilayah Danau Habbema/sungai Ibele.

Menghuni kawasan hutan pegunungan pada rentang ketinggian antara 1400 – 2700 m. Memakan serangga dan artropoda yang diburu di permukaan tanah dan semak belukar.
Back To Top