Burung Isap Madu Kalung Cokelat

Isap madu kalung cokelat atau yang dalam bahasa Inggrisnya Rufous-banded Honeyeater (Conopophila albogularis) ini memiliki ukuran tubuh yang kecil,yaitu sekitat 13 cm. Ciri fisik di bagian tenggorokan berwarna putih, palang merah-karat pucat melintang di dada. Bagian tepi sayap hijau-keemasan dan kepala abu-abu.

Untuk burung yang berusia remaja tidak ada pita di dada dan lingkaran-matanya keputih-putihan. Mirip dengan burung Isap-madu polos yang di bagian bawah tubuhnya berpalang halus. Isap-madu anis memiliki coretan banyak sekali di tubuh bagian bawah.Suara burung ini seperti pekikan kecil bernada tinggi, atau agak parau.
Burung Isap Madu Kalung Cokelat
http://www.bushpea.com

Persebaran burung ini di Indonesia terdapat di bagian Timur yaitu P. Papua. Tersebar di dataran rendah bagian Selatan dan Daerah Kepala Burung. Juga di Kep. Aru dan Australia.

Burung ini umum dijumpai di dekat air, habitat terbuka, hutan mangrove, kota kecil, tepi jalan dan juga savana lebat, pada ketinggian permukaan laut. Suka bergerombol, gerakan cepat dan bersuara nyaring. Biasanya di pohon yang terisolasi dan tumbuhan berbunga.
Back To Top