Kadalan Birah

Burung kadalan birah atau yang dalam bahasa perburungan Internasional- nya disebut dengan chestnut-breasted malkoha (Phaenicophaeus curvirostris) ini adalah spesies burung dari keluarga Cuculidae, dari genus Phaenicophaeus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat bulu, semut, serangga besar, kepiting, kadal, anak burung yang memiliki habitat di hutan, semak belukar, padang ilalang.

Kadalan birah memiliki tubuh berukuran besar dengan panjang keseluruhan tubuhnya jika diukur dari ujung paruh hingga ujung ekornya dapat mencapai 49-50 cm. Memiliki warna yang eksotis dengan bagian Paruh hijau, ekor panjang dengan ujung merah karat yang jelas. Mahkota dan tengkuk abu-abu.
chestnut-breasted malkoha (Phaenicophaeus curvirostris)

Tubuh bagian atas hijau pucat. Kulit sekitar mata warna merah. Tubuh bagian bawah merah karat, tak ada warna putih pada ujung ekor. Iris berwarna biru untuk burung dengan jenis kelamin jantan,sedangkan untuk burung betina berwarna kuning. Bagian paruh hijau berpangkal merah untuk burung jantan,sedangkan untuk burung betina berwarna coklat, kaki abu-abu. Bertengger diam untuk waktu lama. Berpasangan atau dalam kelompok kecil.

Penyebaran burung ini berada di sepanjang Semenanjung Malaysia, Kep Palawan. Di Indonesia sendiri,spesies ini dapat dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Bangka, Mentawai, Jawa, Bali. Terdiri dari 6 subspecies yang dibedakan dari wilayah penyebarannya,diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. P. c. singularis : Myanmar dan Thailand, serta di Semenanjung Malaysia hingga ke Sumatra.
  2. P. c. oeneicaudus : Sumatra.
  3. P. c. curvirostris : Pulau Jawa
  4. P. c. deningeri : Pulau Jawa dan Bali
  5. P. c. microrhinus : Tersebar dari Pulau Bangka hingga Borneo.
  6. P. c. harringtoni : Palawan , Balabac , Calamian dan Dumaran di kepulauan Palawan Filipina.
Burung ini bukanlah termasuk jenis burung pengicau yang bagus,jadi tidak usah ditangkap untuk dipelihara,biarlah mereka bebas.
Back To Top