Suara Masteran Burung Rambatan

Suara Masteran Burung Rambatan -Burung Rambatan atau Munguk Beledu (Sitta frontalis) adalah spesies burung berukuran kecil dan memiliki warna bulu yang dominan biru dibagian atas tubuhnya. Burung ini merupakan spesies burung dari keluarga Sittidae yang dijelompokkan dalam genus Sitta. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil, ulat, laba-laba yang memiliki habitat di hutan dataran rendah, perbukitan, hutan pinus, hutan rawa, perkebunan, tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Burung rambatan secara fisik memiliki paruh berwarna merah. Dahi hitam, tengkuk, punggung, ekor ungu. Bercak biru terang pada bulu primer. Tubuh bagian bawah kemerah jambuan dan dagu putih. Untuk membedakan antara burung jantan dan betina cukup mudah,yaitu pada burung jantan terdapat alis mata berwarna hitam. Iris kuning atau coklat, paruh merah, kaki coklat kemerahan.
Suara Masteran Burung Rambatan

Di habitat aslinya,burung ini umum dijumpai berpasangan atau dalam kelompok kecil. Mencari serangga di batang dan cabang pohon. Sering memanjat dari atas ke bawah dengan kepala di bawah.Sarang berupa lubang kecil bekas sarang burung Pelatuk atau Burung Bultok.

Di Indonesia,burung ini dapat dijumpai di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Oleh sebagian besar pecinta burung di tanah air,burung ini biasanya dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran. Burung yang aktif bunyi dan yang bagus buat masteran adalah burung yang masih muda.

Berikut ini ada sebuah file audio suara burung rambatan muda yang kami kutip dari youtube. Silahkan download dan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top