Burung Tangkar Kambing

Tangkar Kambing atau Black Magpie yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Platysmurus leucopterus (Temminck, 1824) ini memiliki ukuran tubuh Besar (sekitar 38 cm.), berbulu hitam dengan jambul pendek, tegak. Burung muda belum berjambul. Iris merah; paruh dan kaki hitam. Suara Ramai dengan suara berdengung menderik yang aneh, kuakan, dan suara ganda seperti lonceng berulang “keting, ka-long” atau tunggal “ketting”.
Burung Tangkar Kambing
wikimedia.org/wikipedia/commons

Terdiri dari 2 sub-spesies, dengan daerah persebaran: Global dan ras: semenanjung Malaysia leucopterus (Temminck, 1824): Semenanjung Malaysia dari ujung selatan Myanmar (Tenasserim selatan) dan Thailand selatan, Bintan (di Riau Kepulauan), Sumatra dan Pulau Bangka. Ciri pembeda: berjambul lebih pendek dan terdapat bercak putih pada sayap.

Suara burung ini dapat kalian dengarkan dengan melihat video melalui link dibawah ini:
Penyebaran di Indonesia sendiri dapat dijumpai di  Sumatera (termasuk pulau Bangka), dan Kalimantan aterrimus (Temminck, 1829).Perbedaan spesies burung ini antara spesies yang ada di Sumatera dan  Kalimantan adalah bulu hitam dan jambul. Burung ini umumnya lebih mudah terdengar daripada terlihat, menghuni bagian tajuk hutan yang tinggi. Tidak umum di hutan primer sampai ketinggian 800 mdpl.
1 Komentar untuk "Burung Tangkar Kambing"
Back To Top