Burung Sikatan Cokelat

Burung sikatan cokelat atau Brown-streaked Flycatcher (Muscicapa williamsoni) adalah jenis burung dari keluarga Muscicapidae. Berukuran sedang (12-14 cm). Mirip Sikatan bubik tetapi tubuh bagian atas lebih kecoklatan. Dada dan sisi tubuh coklat muda bergaris-garis kecoklatan lebar. Paruh bagian bawah berwarna kuning pucat sedangkan pada Sikatan bubik kuning oranye.

Dibanding Sikatan bubik: berwarna lebih coklat, tersapu warna karat pada tubuh bagian atas; sisi-tubuh bercoret kuning-tua, lingkar-mata juga kuning-tua. Remaja: mirip remaja Sikatan bubik, tetapi bulu penutup-ekor atas bersemu merah-karat, penutup sayap dan ekor bertepi kuning pucat.
Burung Sikatan Cokelat

Suara burung ini berupa Suara panggilan tajam “chi” atau keras “siit-siit”. Lagu bernada merdu dan rumit “chi jo chi-chi-chi cho-chu-chu-chu” .Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  • Suara Burung Sikatan Cokelat (maaf belum ada audio) sementara
Burung ini Berkembang biak di Asia Tenggara yang meliputi Myanmar tenggara dan Thailand barat-laut dan selatan sampai Semenanjung Malaysia bagian timur-laut. Diluar musim berbiak bermigrasi ke Singapura, Sumatera dan Kalimantan bagian barat. Tempat hidup dan Kebiasaan Menghuni hutan dipterocarp primer dan sekunder dataran rendah, perkebunan dan tegalan. Arboreal insektivora yang biasanya soliter. Biasanya bertengger pada dahan yang terbuka menunggu serangga lewat, terbang menyambar kemudian kembali ke tenggeran semula.(doc kutilang.or.id)
0 Komentar untuk "Burung Sikatan Cokelat"
Back To Top