Suara Burung Purple-rumped sunbird

Purple-rumped sunbird (Leptocoma zeylonica) adalah spesies burung madu (sunbird) endemik Sub Benua India. Burung ini berukuran kecil, makanan utamanya adalah nektar tetapi kadang-kadang juga memakan serangga, terutama ketika memberi makan anaknya. Mereka dapat melayang-layang untuk jangka waktu pendek tetapi biasanya hinggap untuk mengisap nektar dari bunga. Mereka membangun sarang kantong gantung yang terbuat dari jaring laba-laba, lumut dan bahan tanaman.Burung jantan berwarna cerah tetapi sedangkan betina berwarna zaitun di atas dan kuning.

Purple-rumped sunbird berukuran kecil dengan panjang kurang dari 10 cm. Mereka memiliki paruh tipis yang melengkung ke bawah dan lidah tubular berujung kuas.Seperti sebagian besar burung madu,spesies ini juga termasuk dimorfik seksual,yang artinya antara burung jantan dan betinanya dapat dibedakan berdasarkan tampilan fisiknya/warna bulunya.
Suara Burung Purple-rumped sunbird
IMG CREDITED TO http://jlrexplore.com

Pada burung jantan warna bulunya lebih cerah, pundak hijau terang dan tambalan ungu / ungu yang umumnya tersembunyi di bawah sayap. Bagian bawahnya berwarna keputihan dengan tenggorokan gelap, pita bagian dada merah marun, dan tambalan ungu di tenggorokan yang terlihat dalam beberapa sudut. Iris matanya berwarna kemerahan.

Sementara untuk burung betina dibagian tenggorokan berwarna putih diikuti warna kekuningan dibagian dadanya dan tubuh bagian bawah. Bagian atasnya berwarna zaitun atau kecoklatan. Bagian belakang atas tepat diatas pangkal ekornya berwarna hitam.

Suara burung ini cukup bagus dengan beberapa vareasi lagu kicauan.Nada panggilan burung ini terdengar seperti kata ptitee ptsit, ptsiee ptsswit atau tityou twittering tajam, titou, trrrtit, tityou.Berikut adalah audio suara burung Purple-rumped sunbird di habitat aslinya yang bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Purple-rumped sunbird"
Back To Top