Suara Burung Sikatan Bubik

Burung Sikatan Bubik atau Asian Brown Flycatcher (Muscicapa dauurica) Pallas, 1811.Ini juga termasuk jenis burung sikatan yang dapat dijumpai di indonesia.Burung ini memiliki suara yang lumayan bagus,tapi memiliki warna bulu yang kurang menarik untuk dipandang. Burung ini berukuran kecil dengan panjang tubuhnya hanya 12 cm., berwarna coklat keabu-abuan. Iris coklat, paruh hitam dengan pangkal rahang bawah kuning, kaki hitam.
Suara Burung Sikatan Bubik
img credited to https://www.hbw.com

Tersebar luas, terdiri dari 4 sebagai berikut:
  • Muscicapa dauurica dauurica (Pallas, 1811): berbiak di Siberia bagian tengah dan Rusia bagian tenggara (ke timur sampai Amurland dan Ussuriland), Mongolia bagian utara, Cina bagian timur-laut, Korea bagian utara, P. Sakhalin, Kep. Kuril bagian selatan dan Jepang; saat musim dingin bermigrasi ke Cina bagian selatan (Yunnan, Guangdong, Hainan), Asia bagian tenggara (sampai Myanmar barat), Filiphina, dan Sunda besar. Ciri: tubuh bagian atas coklat abu-abu; tubuh bagian bawah keputih-putihan; sisi-dada dan sisi-tubuh abu-abu kecoklatan, lingkar-mata putih.
  • Muscicapa dauurica poonensis (Sykes, 1832): berbiak di Pakistan bagian barat-laut (Perbukitan Murree) dan kaki perbukitan Himalayan ke timur sampai Nepal bagian timur, juga India bagian tengah dan selatan (Vindhya dan Wilayah Satpura, Western Ghats, mungkin juga di Eastern Ghats); saat musim dingin bermigrasi ke Semenanjung India (utamanya di selatan wilayah Vindhya), Sri Lanka, Kep. Andaman dan Kep. Nicobar.
  • Muscicapa dauurica siamensis (Gyldenstolpe, 1916): Myanmar bagian selatan (Tenasserim utara), Thailand bagian barat-laut dan Vietnam bagian selatan (Annam selatan, Cochinchina).
  • Muscicapa dauurica umbrosa (Wells, 1982): Kalimantan bagian timur-laut. Ciri: ukuran lebih kecil dan lebih gelap, terutama pada kepala.
Burung ini dapat ditemukan pada daerah dengan ketinggian sampai 1.500 mdpl. di wilayah barat dan tengah di Negara kita. Menyukai pinggir hutan atau hutan perbukitan, tetapi kadang-kadang juga ditemukan di hutan terbuka dan kebun. Sebagian mengunjungi hutan-hutan lepas pantai. Umumnya hidup sendirian atau bergabung dalam kelompok jenis campuran.

Suara Getaran “crr” lembut dan nyanyian lemah yang tenang, tetapi biasanya diam.Silahkan  dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Sikatan Bubik"
Back To Top