Tips Sebelum Membeli Burung Via Online

Dijaman teknologi saat ini banyak orang yang mencoba mencari penghasilan tambahan melalui internet, terutama melalui jejaring sosial (media sosial) seperti facebook,instagram,BBM dan lain sebagainya. Transaksi jual beli tawar menawar barang paling banyak dilakukan di facebook,terutama untuk Burung.

Cukup mudah untuk mencari berbagai macam jenis burung dengan harga yang bervareasi. Ada yang sengaja berjualan (pedagang) dan banyak pula penghobi yang memposting peliharaannya entah mau dijual,tukar tambah maupun barter dengan burung lain. Sistem pembayarannya juga bervareasi,jika dekat bisa dipantau lokasi baru jika cocok bayar (PCB), jika agak jauh tapi satu kota bisa cash on delivery (COD) dan jika antar pulau bisa transfer dulu baru kirim burungnya.

Bagi pengguna lama media sosial mungkin sudah jauh lebih berpengalaman dalam jual beli via online,tapi bagi pengguna baru biasanya masih suka tergiur dengan harga murah dan kwalitas wah. Seperti contoh postingan penipuan dibawah ini.
Tips Sebelum Membeli Burung Via Online

Tips Sebelum Membeli Burung Via Online

Tips Sebelum Membeli Burung Via Online

Dari contoh postingan diatas dapat kita cermati gaya postingannya melalui bahasa,foto dan tentu harganya yang murah. Jangan pernah hiraukan postingan seperti itu karena biasanya diposting secara serentak diberbagai group. Ada tools khusus untuk membuat postingan serentak seperti itu biasanya.

Banyak juga yang bertransaksi jual beli burung antar pulau. Biasanya dilakukan oleh pedagang besar yang bisa kirim-kirim burung antar kota maupun antar pulau. Sebelum Anda bertransaksi (beli burung) dengan pedagang diluar pulau,saran kami supaya melihat dulu track recordnya si pedagang dalam berjualan. Bisa melihat profil facebooknya,seberapa aktifnya ia posting update stok barang dan harga dan tanya kepada user (pengguna) facebook lain yang sudah pernah melakukan transaksi dengan si pedagang. Apakah ia (si penjual) recomended atau tidak,barang yang diposting sesuai apa tidak dan lain sebagainya.

PCB (pantau cocok bayar) sangat diutamakan dalam berburu burung peliharaan via online. Tujuannya adalah untuk memastikan spesifikasi yang disebutnya dalam postingan itu benar adanya. Seperti kondisi burung,materi lagu dan lain sebagainya. Jika bisa hindari COD,kecuali jika Anda siap konsekuensi kalau hal negatif terjadi di kemudian hari.

Jika ada perjanjian atas transaksi seperti jaminan mungkin bisa kalian prioritaskan jika jarak antara keduanya cukup jauh. Demikian tips membeli burung secara online via media sosial dari kami. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Tips Sebelum Membeli Burung Via Online"
Back To Top