Suara Burung Trucukan (merbah cerukcuk) Ropel

Burung trocok atau Merbah cerukcuk (Pycnonotus goiavier) adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cica, cucak, cerukcuk atau jogjog, orang Jawa menyebut terucuk atau cerocokan, mengikuti bunyi suaranya yang khas,sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Yellow-vented.
Burung trocok atau Merbah cerukcuk

Spesies burung ini memiliki enam anak jenis (subspesies) yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Pycnonotus goiavier. jambu Deignan, 1955 – menyebar di Burma bagian selatan (Tenasserim), Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam.
  • Pycnonotus goiavier analis (Horsfield, 1821) – Semenanjung Malaya, Sumatra (termasuk Kep. Riau dan Lingga, Bangka, Belitung), Jawa (termasuk P. Kangean), Bali, Lombok dan Sumbawa.
  • Pycnonotus goiavier. gourdini G.R. Gray, 1847 – Kalimantan (termasuk P. Maratua), serta Karimunjawa.
  • Pycnonotus goiavier goiavier (Scopoli, 1786) – Filipina bagian utara dan tengah (Luzon, Polillo dan Mindoro bagian selatan, hingga ke Panay, Guimaras, Negros dan Masbate).
  • Pycnonotus goiavier samarensis Rand & Rabor, 1960 – Filipina tengah (Ticao, Samar, Biliran, Buad, Cebu, Olango, Camotes, Leyte, Bohol).
  • Pycnonotus goiavier. suluensis Mearns, 1909 – Filipina bagian selatan, mulai dari Dinagat, Nipa dan Camiguin Sur hingga ke Mindanao, Basilan dan Kepulauan Sulu.
Ras P. g. personata dari Sumatra dianggap bersinonim dengan P. g. analis; demikian pula ras
P. g. karimuniensis dari Pulau Karimunjawa di Laut Jawa dianggap sinonim P. g. gourdini. Sementara itu, beberapa kajian belakangan ini menunjukkan bahwa ras Dangkalan Sunda (P. g. analis) kemungkinan merupakan spesies yang tersendiri, terpisah dari ras utama di Filipina (P. g. goiavier) (source:wikipedia)

Burung ini sekarang lagi naik kasta dibeberapa kota di tanah air.Ajang perlombaan burung trucuk ini banyak yang meminati karena jika kita dengar suara ropelan dari burung trucuk ini mirip seperti Suara Burung Cucak Rawa.Silahkan dengarkan audio suara burung trucuknya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Burung Trucukan (merbah cerukcuk) Ropel"

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top