Burung Madu Jawa

Burung madu Jawa atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Javan sunbird maupun scarlet sunbird (Aethopyga mystacalis) ini merupakan salah satu jenis burung madu endemik Indonesia. Artinya tidak dijumpai di negara lain. Habitat aslinya hanya terdapat di pulau jawa dan bali. Dalam bahasa lokal daerah biasa dikenal dengan nama Jantungan merah, Plisi kembang (Jawa), Klaces, Madu merah, Sesep madu (Sunda).
Burung Madu Jawa
http://www.taenos.com

Burung ini berukuran kecil,dengan ukuran sekitar (12 cm), ekornya yang panjang, berwana merah terang untuk burung jantan. Pada burung Jantan memiliki mahkota, setrip malar, dan ekor yang panjang berwarna ungu gelap mengkilap, kepala, dada dan punggung merah padam, tunggir merah muda, sayap berwarna zaitun, perut abu-abu muda.

Hampir sama seperti tampilan fisik burung madu sepah raja. Perbedaannya dengan burung-madu sepah-raja dahi merah adalah ekor lebih panjang, dan perut putih. Sedangkan untuk burung Betina berwarna abu-abu-zaitun buram. Ciri khasnya : sapuan merah pada sayap dan ekor. Iris coklat tua, paruh dan kaki coklat. Suara lembut, berdering “Tziip-tziip….” diulangi terus menerus.

Berikut ini ada 2 file audio suara burung madu jawa yang direkam langsung dari alam,silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Burung Madu Jawa"

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top