Burung Madu Leher Merah

Burung madu leher merah adalah salah satu jenis burung dari keluarga Nectariniidae yang disebut dengan Temminck's sunbird dalam bahasa Inggrisnya dan memiliki nama latin  (Aethopyga temminckii).Burung ini berukuran kecil,kisaran 12 cm an.

Burung ini memiliki kemiripan dengan burung Kolibri Jawa,bedanya di bagian ekor dan kepala. Perbedaan jantan dan betina dapat dibedakan secara umum dari warna bulunya seperti kebanyakan jenis burung madu. Burung Jantan memiliki mahkota dan punggung hijau metalik mengkilap, Dagu dan penutup sayap atas merah marun, tenggorokan merah lembut, perut kuning zaitun.
Burung Madu Leher Merah

Sedangkan untuk burung betina bagian punggung berwarna hijau zaitun, tenggorokan keputih-putihan, perut kuning pucat, dengan lingkar mata kecil kekuningan. Iris merah, paruh hitan, dan kaki zaitun. Suara Kerikan khas dan getaran metalik.

Suara burung ini dapat kalian download melalui link dibawah ini yang merupakan suara yang direkam dari alam atau suara asli dari burung itu sendiri yang bercampur dengan suara burung lain yang mungkin bisa untuk memancing burung lain untuk ikut bunyi.
Habitat burung ini dapat dijumpai di sepanjang Semenanjung Malaysia, Sumatra dan Kalimantan. Tempat Hidup dan Kebiasaan Menghuni hutan tropis dan dataran rendah sampai ketinggian 800- 1.200 m mdpl. Hidup di antara semak dan pohon-pohon kecil pada hutan primer dan sekunder mencari makan di rumpun-rumpun benalu.
0 Komentar untuk "Burung Madu Leher Merah"

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top